Jumat , 20 Mei 2022

Waspada, Jelang Idul Fitri Banyak Modus Penjualan Tiket Online Berkedok Diskon Besar

Jangan Sampai Tertipu oleh Penawaran di Akun IG atau FB

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Bermacam cara orang mau cepat dapat uang. Dalam kondisi sulit, jelang Idul Fitri ini pun ada juga yang ambil kesempatan. Modusnya, memberi diskon besar, sampai 40% untuk pemesanan tiket pesawat secara online.

Salah satu yang menawarkan diskon ini, adalah alamat IG: my.tiket. Di wall IG ini dipampang gambar berisi diskon besar pemesanan tiket pesawat terbang untuk semua jurusan domestik.

Rasa penasaran khabarmetro.com terjawab. Setelah masuk ke akun IG tersebut, muncul nomor kontak WA akun bisnis dengan nomor 0877-6069-6674. Lewat WA inilah pemilik akun berkomunikasi dengan calon pemesan tiket online tersebut.

Di awal-awal, pemilik WA meminta untuk mengisi data. Nama bandara asal dan bandara tujuan, tanggal berangkat, tanggal pulang dan pesawat. Setelah data diisi, dia akan kirim bukti pesan tiket di traveloka. Di balasan itu juga dituliskan jumlah uang yang harus ditransfer. Harga itu, setelah khabarmetro.com cek, memang persis ada potongan 40% dari harga di traveloka.

Setelah data diterimanya, balasan WA masuk lagi. Baru si pemilik WA ini mengirimkan nomor rekeningnya. Rekening bank ini ditulis lengkap. Sama persis dengan rekening milik pribadi. Tapi anehnya, setelah dicek ke http://Cekrekening.id barulah diketahui kalau nomor rekening tersebut bermasalah.

Diketahui, bahwa alamat web http://Cekrekening.id ini, adalah web resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kominfo. Sudah ada sejak 2017, yang bisa difungsikan untuk melacak nomor rekening bank yang tidak dikenal. Agar tidak tertipu, sebaiknya lakukan pengecekan lewat web ini terlebih dahulu.

Hasil pengecekan khabarmetro.com diketahui, nomor dan nama rekening ini sudah cocok dan benar. Tapi setelah diteliti ulang, ada masalah dengan rekening bank tersebut.

Di rekam risalah web terlihat jelas bahwa nomor rekening ini sudah dua kali dilaporkan, dengan alasan ada indikasi penipuan. Ketika khabarmetro.com konfirmasi dan memberitahu hal itu ke nomor WA tersebut, ada saja balasannya. Malah ketika ditanya lebih jauh, dan diminta mengaku, apakah ini legal atau illegal, justru nomor WA khabarmetro.com diblokir oleh pemilik WA tadi.

Itulah sebabnya, kenapa selalu diminta masyarakat agar waspada, pun melakukan cek dan ricek terlebih dahulu sebelum transfer uang ke rekening yang tidak dikenal atau nomor rekening bank yang baru didapat.

Wendy Yolanda Pasaribu, selaku Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Riau angkat bicara soal ini. Ia mengakui, memang ada travel resmi atau online yang kasih diskon. Tapi, kata dia, biasanya ada minimum transaksi. Ia curiga, kenapa sampai diskon yang diberikan hingga 40%.

“Lebih banyak pula diskon ini, sampai 40%. Pihak maskapai atau web untuk memesan online resmi saja tak pernah berani beri diskon sebesar ini,” kata Wendy kepada khabarmetro.com via WA.

Menurutnya, modus penipuan penjualan tiket biasanya melalui iklan FB atau IG, juga via sms, dengan menawarkan diskon yang besar.

“Saran kami, kalau kita gak kenal penjualnya, jgn transaksi,” ujar Wendy mengingatkan seluruh masyarakat. Apalagi sekarang menjelang Idul Fitri, dan sudah dua tahun mudik dilarang. Ia hanya katakan, berhati-hati dan selalu waspada. (Km1/irg)

Check Also

PASTI HARU, PESTA HELAT RAKYAT MELEPAS MASA BAKTI FIRDAUS-AYAT

  PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Sejak tahun 2012-2022 Firdaus Ayat memimpin kota Pekanbaru. Tepat, Ahad (22/5/2022), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.