Jumat , 2 Desember 2022

Koleksi Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau

Tangkalak; Penangkap Ikan Mirip Terompet

Inilah bentuk Tangkalak. (Dok. Disbud Riau)

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Tangkalak merupakan salahsatu dari banyaknya alat penangkap ikan yang dimiliki Riau. Sebagai alat tangkap ikan tradisional, Tangkalak bisa ditemukan di Tembilahan dan beberapa daerah lain di Negeri Lancang Kuning ini.

Alat ini secara umum terbuat dari bilah bambu yang ditipiskan dengan panjang tertentu sesuai dengan kebutuhan alat tangkap yang diperlukan.

Tangkalak memiliki panjang yang bervariasi, mulai dari 50 cm hingga 94 cm. Pada bagian pangkal sebagai mulut dibuat melebar sebagai tempat masuknya ikan dan pada bagian ujung dibuat meruncing sehingga bentuknya mirip terompet.

Bahan utama adalah bilah bambu yang tebal dan rotan halus sebagai pengikat bilah bambu pada bagian mulut, badan, hingga ujungnya.

Alat ini dipakai di sungai-sungai kecil atau saluran air yang diperkirakan ada ikan seperti ikan lele (limbat) atau ikan yang lebih kecil.

Untuk menarik perhatian ikan masuk perangkap biasanya dimasukkan umpan di bagian ujung sehingga ketika ikan masuk tidak bisa keluar lagi karena tidak bisa memutar badan ataupun mundur. (fed)

Check Also

Ramah Tamah dengan 469 ASN Purna Tugas

Pj Bupati Kampar : Terimakasih Dedikasi Dan Bhakti yang diberikan Untuk Kampar. Bangkinang Kota (khabarmetro.com) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.