Rabu , 8 Februari 2023

Gubri H Syamsuar Apresiasi Media Expo dan Festival PPID 2022

Bisa Lahirkan Ide Baru untuk Kemajuan Media Arus Utama di Riau

Gubri H Syamsuar berbaur dengan siswa-siswa SMKN 1 Pekanbaru. 

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Agenda tahunan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau, Media Expo yang tahun ini disejalankan dengan Festival PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi), dibuka oleh Gubenur Riau H Syamsuar, Kamis siang (1/12/2022) di Mal Pekanbaru.

Kegiatan hasil kerja sama SPS Riau dengan Kondisi Informasi (KI) Riau ini, akan berlangsung 4 hari, dari 1-4 Desember. Sekaligus di acara ini, diluncurkan ‘Gerakan Riau Membaca Koran’ yang melibatkan para siswa SLTA di Pekanbaru. Hari pertama, siswa dua sekolah hadir, yakni dari SMKN 1 dan SMAN 1 Pekanbaru. Atrium Mal Pekanbaru jadi ramai.

Gubri saat memberi sambutan mengapresiasi terlaksananya Media Expo dan Festival PPID ini. “Dengan kegiatan ini, masyarakat akan bisa tahu apa itu SPS, apa itu PPID. Serta masyarakat juga bisa paham bagaimana mereka dapat mengakses informasi publik sesuai aturan. Saya apresiasi kegiatan ini,” kata Gubri.

Ia pun senang ada Gerakan Riau Membaca Koran. Walau diakui sekarang zaman sudah canggih, semua dikerjakan dan ada di android, sehingga tak banyak lagi yang membaca koran, tapi lewat Media Expo seperti ini tentunya para pemimpin media cetak bisa mengetahui langsung seperti apa keinginan masyarakat pembaca.

“Sekarang tak banyak lagi yang baca koran, seperti dulu. Tapi bukan tidak mungkin koran bisa eksis. Lewat Media Expo ini, pimpinan media cetak bisa melihat langsung, apa yang diminati pembaca koran. Media Expo ini pun bisa melahirkan sesuatu yang baru, untuk kemajuan dunia media cetak di Riau,” harap Gubri.

Sementara Wakil Ketua SPS Pusat Dr H Syafriadi SH MH, mengaku sangat senang dan bangga dengan kegiatan yang diadakan SPS Riau. Salah satunya Media Expo tersebut. Diakuinya, SPS Riau selalu jadi yang terbaik di Indonesia. Ini sudah sejak dulu, dan terus dipertahankan. Kepada pengurus SPS Cabang Riau, H Syafriadi menyampaikan ucapan terima kasih.

Apalagi kata dia, tahun ini ada pula bersamaan dengan Festival PPID. “Media Expo SPS ini sudah jadi agenda rutin. Tapi yang disejalankan dengan Festival PPID baru kali ini. Tentu ini luar biasa, sehingga masyarakat bisa langsung tahu dan paham tentang media dan informasi publik. Karena ini diadakan di Mal, yang selalu ramai,” ucapnya.

Dan, di sesi keynote speaker, tampil Kepala BPK Perwakilan Riau. Secara kelembagaan pun BPK sangat mendukung kegiatan ini. Diharapkan, bisa terus dilaksanakan secara rutin agar bisa mengedukasi masyarakat. Karena menurut BPK, media dan PPID serta keterbukaan informasi publik adalah sejalan. Masyarakat perlu tahu.

Ketua panitia Media Expo Alamsah SH MH berterima kasih Gubri dan seluruh tamu undangan bisa hadir di pembukaan event tersebut. Menurutnya, ini akan menjadi penyemangat SPS Cabang Riau untuk terus eksis, dan menjadikan media-media arus utama semakin disenangi masyarakat.

Juga hadir saat acara pembukaan Media Expo dan Festival PPID ini, Ketua SPS Riau Khairul Amri, Ketua KI Riau H Zufra Irwan, Kadis Kominfotik Riau H Erisman Yahya, dan sejumlah undangan peserta Expo, antar lain dari PT Bumi Siak Pusako, BRK Syariah, dan PT PIR. Dari OPD juga ikut pameran, Bapenda Riau, Disdik Riau, Dispursip Riau dan OPD lainnya. (Km1/irg)

Check Also

Gubri Lepas Delegasi Riau ke Puncak Peringatan HPN di Medan

PEKANBARU (khabarmetro.com) – Gubernur Riau, H Syamsuar melepas Delegasi Riau ke puncak peringatan ke-77 Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.