Senin , 26 Juli 2021

Berikan Manfaat Berkesinambungan, PT PAA Berkontribusi Nyata Bagi Masyarakat

DURI (Khabarmetro.com)  – Kehadiran PT Pelita Agung Agrindustri (PAA) di Simpang Bangko, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis telah membawa manfaat lebih bagi masyarakat di lingkungannya.

Warga sekitar turut menerima dampak positif langsung yang diberikan, mulai dari alokasi tenaga kerja hingga penyaluran program corporate social responsibility (CRS) yang berkesinambungan.

Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (F-SPTI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K. SPSI) yang bermitra dengan pabrik pengelolaan kelapa sawit ini mengaku turut terbantu.

Dari 240 anggota yang terdaftar, mereka merupakan warga sekitar yang turut diakomodir dan bekerja sesuai dengan tugas serta tanggung jawabnya.

Ketua F-SPTI K.SPSI, LG Sijabat mengungkapkan bahwa perusahaan ini telah memberikan penghidupan bagi warga setempat untuk menggantungkan hidupnya selama ini. Dari situ, banyak manfaat yang diberikan secara langsung maupun tidak langsung.

“Kami warga sekitar ini diakomodir, banyak warga yang menggantungkan hidup di sini, manfaat bagi masyarakat sangat dirasakan selama ini,” kata Sijabat, Senin (12/4/2021).

Secara tidak langsung juga, katanya, warga yang bermukim di kawasan pabrik ini juga turut mendapat manfaat. Seperti usaha-usaha kecil warga yang mendapatkan imbas baik atas kehadiran perusahaan yang telah 20 tahun beroperasi di sini.

Menjawab tudingan yang dinilai tendensius beberapa waktu lalu oleh seorang pemuda di wilayah tersebut, LG Sijabat mengaku tidak terlalu menghiraukannya.

Sebab, apa yang disampaikan oleh pihak luar tersebut dirasa mengada-ngada dan justru malah terlihat ditunggangi oleh pihak lain.

“Tidak bisa kita pungkiri, apabila disebut tidak mengakomodir warga sekitar itu keliru, kami warga di sini dapat hidup dari sini juga,” ungkapnya.

Menurut Sijabat, dengan berdirinya PT PAA di sini, masyarakat sekitar jelas sudah mendapat kontribusi. Dengan cara masyarakat sekitar sini juga, masyarakat tempatan sudah direkrut untuk dipekerjakan di perusahaan Permata Hijau Group (PHG) tersebut.

“Kami dari SPTI saja ada 240 orang yang mendapat manfaat, belum lagi tenaga kerja dari pemuda dan warga sekitar yang direkrut bekerja di pabriknya. Masyarakat di luar pabrik juga usahanya turut terbantu dengan banyaknya orang yang bekerja di sini yang memberi kontribusi terhadap usaha tersebut. Yang jelas warga turut mendapat keuntungan di sini,” tuturnya.

Sijabat berharap, narasi-narasi negatif yang diduga menyesatkan dan tidak mendasar tersebut jangan sampai membuat kegaduhan.

Lebih lanjut diungkapkan Sijabat, tidak mungkinlah jika PT PAA seperti yang ditudingkan pihak luar bahwasanya tidak mengakomodir warga dan terkesan abai terhadap tanggung jawabnya.

Apalagi selama 2 tahun belakangan ini, kita ketahui PT PAA itu sebagai perusahaan industri kelapa sawit di Bengkalis sebagai pembayar pajak terbesar, yang taat dan tepat waktu bayar pajak bahkan dapat piagam penghargaan dari Bupati Bengkalis.

“Sebagai PUK K.SPTI-F.SPSI PT PAA Simpang Bangko beserta jajaran pengurus, kami tidak pernah melarang orang lain untuk mendirikan organisasi sejenis di Simpang Bangko, tetapi jangan sampai membuat kegaduhan,” ujarnya.

Pada prinsipnya, Sijabat tidak ingin ada keributan di PAA ini dan pihaknya tidak ingin diganggu dalam bekerja

“PT PAA itu tempat kami mencari nafkah. Kalau masih ada niat ingin membuat keributan dan kerusuhan dengan alasan apapun mengganggu PT. PAA, maka kami siap jadi garda terdepan. Karena dengan membela PT PAA berarti kami membela kepentingan dan hak kami sebagai warga sekitar, serta melindungi keluarga kami dimana PT PAA merupakan periuk nasi kami, tempat kami mencari nafkah,” ungkap Sijabat.

Di sisi lain, warga sekitar Resdina Purba juga turut terbantu lewat program CSR yang rutin diadakan perusahaan. Dari situ, masyarakat mendapatkan bantuan berupa sembako murah yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan.

Masyarakat yang telah lama bermukim dan mendapat manfaat dari kehadiran perusahaan tersebut ingin PT PAA dapat terus beroperasi dan bermanfaat bagi masyarakat. (Ym)

 

Check Also

Tanpa Bantuan Dana dari Pemerintah, Atlet NPC Kepulauan Meranti  Harumkan Nama Daerah

Tiga Atlet NPC Kepulauan Meranti Sabet 4 Mendali   MERANTI (Khabarmetro.com) – Sebanyak 3 atlet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *