Minggu , 5 Desember 2021

SELAYANG PANDANG TAHUN KE TIGA, BERDIRINYA 212MART di Kecamatan Tampan

 

 

 

 

 

 

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Kehadiran 212Mart Subrantas Panam di Pekanbaru tidak terlepas dari Sejarah aksi 212 pada Desember 2016, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang kemudian menggagas pembentukan Koperasi Syariah 212. Koperasi Syariah 212 tersebut resmi berdiri sejak 24 Januari 2017 berdasar pada Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Pada langkah selanjutnya, Dalam melestarikan semangat aksi damai 212 yang mencerminkan perdamaian, persatuan, semangat kebangsaan, ukhuwah Islamiyah Dengan Tujuan kebangkitan ekonomi umat Islam, maka pada tanggal 2 Desember 2017 dengan menggunakan brand 212 Mart, sebuah usaha ritel yang menjawab kebutuhan umat Islam di Pekanbaru pun didirikan secara berjamaah melalui komunitas muslim dengan naungan payung Badan Hukum PT. Intan Payung Berkah.

”Sebuah Harapan besar umat dalam membangun usaha retail yang bernafaskan Islam yang berbeda dengan minimarket pada umumnya, yakni 212 Mart tidak menjual rokok, minuman keras, alat kontrasepsi dan produk yang tidak halal” ujar M. Asnawir nasution, S.Si selaku
Manager 212 mart soebrantas, Panam.

Dalam menjalankan usaha dagang ritelnya-pun 212 Mart bertekad memberikan “ruang usaha” kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk dapat menjual produknya, di gerai 212Mart, serta dalam pelaksanaannya setiap waktu salat, 212 Mart menutup gerai tokonya selama lebih kurang 15 menit.

Karena syarat pendirian usaha 212Mart tersebut berjamaah, tanpa adanya kepemilikan tunggal atau saham yang lebih besar pada entitas usaha, maka konsep kebersamaan, ukhuwah Islam sebagaimana aksi 212, harus didirikan dengan berbasiskan kekeluargaan, kasih sayang, dan rasa saling percaya.

Tentu saja bukan hal yang mudah mempersatukan perbedaan perspektif. Komunikasi, baik antara manajemen dengan para pemilik usaha maupun komunikasi di antara sesama pemilik usaha juga harus terjalin dengan baik, sehingga menurunkan keberkahan Allah keatas usaha berjamaah tersebut.

”Pengelolaan usaha pada prosesnya juga harus dijalankan dengan penuh amanah artinya segenap insan manajemen 212mart yang terlibat didalamnya harus memiliki sumber daya insani yang memiliki kompetensi, kejujuran, agar dapat bekerja dengan Integritas serta transparansi pencatatan yang dapat dipertanggung jawabkan dengan demikian pada pelaksanaanya dilengkapi dengan seperangkat System Operating Procedure (SOP) dan manual yang baik,” lanjutnya.

Pada perjalanan usaha hingga ke tahun ke tiga, sejak 212Mart Subrantas panam didirikan, Ustadz Tajuddin Nur Lc selaku Ketua kolegium Komisaris menyampaikan bahwa, dalam usaha milik umat ini harus memiliki Izzah yang artinya kemuliaan dan kejayaan artinya dalam tataran individu kemuliaan artinya usaha yang mampu mengangkat martabat usaha umat kelak menjadikan 212mart sebagai pusat perbelanjaan umat muslim yang menjamin kehalalan produk, mandiri secara ekonomi, memberi kontribusi nyata pada pembukaan lapangan kerja dengan untuk ikut menekan angka pengangguran, juga memberikan dampak manfaat sosial bagi masyarakat sekitar serta dengan dana sosial yang dimiliki usaha tersebut mampu di alirkan untuk kepedulian terhadap pendidikan dan kesehatan Masyarakat sekitar di Pekanbaru.

Menurutnya, tiga tahun ini, Alhamdulillah 212mart Subratas Panam Pekanbaru, mengalami proses tahapan peningkatan yang baik, selain tetap menjaga Syiar Islam serta kenyamanan Berbelanja untuk Keluarga, 212mart juga mengikuti standar protokol covid.

Perkembangan 212mart juga dapat dilihat dari pertambahan unit usaha salah satunya adalah smart cafe yang menyajikan buku pilihan untuk dibaca, minuman dan makanan produksi UMKM halal lagi sehat, serta di sela sela belanja, sembari duduk bersantai menikmati murattal Al-Qur’an dari imam- imam terkenal di dunia, yang hanya terdapat di gerai 212mart subrantas Panam Pekanbaru.

Kontribusi 212mart pada ranah sosial seperti memberikan modal pada pelaku usaha warung, ikut serta pada kegiatan yang menunjang syiar Islam, seperti agenda lomba tahfidz Quran dan kegiatan yang mendidik lainnya serta berbagi bersama 212mart di hari jumat berkah, berbagi makanan untuk berbuka puasa, berbagi parsel lebaran, hingga 212mart peduli terdampak covid-19 dengan membagikan sembako pada lingkungan sekitar, dan beberapa lembaga pendidikan yang menyantuni kaum duafa, 212mart juga berbagi masker, susu, pulsa pendidikan pada para penggerak fasilitas publik seperti DKM masjid, RW dan RT, Posyandu, karang Taruna dan komunitas lain yang ada di tengah masyarakat sekitar.

Terimakasih kepada segenap insan dan Masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya, yang telah berkontribusi berbelanja di 212mart subrantas Panam dan dimanapun, dengan tetap mengedapankan spirit 212 sebagai prinsip kekuatan berjamaah dengan damai demi menunjang kebangkitan ekonomi umat, dan semoga kedepannya 212mart dapat lebih baik lagi. (Rls/Km)

Check Also

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Ini Dia Kegiatan yang Ditaja Dinsos Riau

Setelah Lama Tertunda, Lomba dan Pelepas Dahaga Dinas Sosial Riau mengadakan aneka perlombaan sempena Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *