Rabu , 29 September 2021

Sadikin, Pahlawan Lingkungan dari Bengkalis Raih Kalpataru Tahun 2020

Sadikin foto bersama saat menerima Penghargaan Kalpataru dari Menteri KLHK RI Siti Nurbaya

SUNGAIPAKNING  (Khabarmetro.com) – Sadikin, yang merupakan petani nenas dan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu meraih penghargaan Kalpataru 2020 yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Senin (21/12/2020).

Sebagai salah satu mitra binaan CSR PT Pertamina RU II Sungai Pakning, Sadikin menerima penghargaan sebagai Perintis Lingkungan atas kontribusi dan kerja keras yang dilakukannya dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di provinsi Riau.

Acara ini dilaksanakan di Gedung Manggala Wanabakti, dan berikan langsung oleh Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Penghargaan Kalpataru merupakan penganugrahan yang dimulai pada tahun 1980, diberikan oleh KLHK Republik Indonesia kepada tokoh masyarakat yang berkontribusi dalam aktivitas lingkungan yang berdampak terhadap masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Tahun ini merupakan penghargaan ke 40 dengan 4 kategori penerima yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan, dan Pembina Lingkungan.

Kontribusi Sadikin yang berprofesi sebagai Petani Nanas, dimulai dari kegiatan pemadaman kebakaran lahan bersama kelompok MPA, dan terus berlanjut dengan bertani nanas di lahan bekas kebakaran serta menginisiasi pusat edukasi Arboretum Gambut Warsawa untuk mengedukasi anak-anak dan masyarakat sekitar mengenai keberagaman flora dan fauna yang ada di hutan gambut.

“Saya sangat bahagia tentunya, untuk bisa menerima penghargaan ini. Penghargaan ini juga hasil dari kerja sama berbagai pihak yang ikut mendukung seperti kelompok MPA, Kelompok Tani, Pemerintah, dan CSR Pertamina RU II Sungai Pakning. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak tersebut, dan semoga penghargaan ini dapat memberikan semangat dan motivasi untuk para Perintis Lingkungan berikutnya,” tutur Sadikin.

Rudi Hartono, Manager Production PT Pertamina RU II Sungai Pakning mengatakan pihaknya sungguh senang sekali, sebagai pendamping dari pak Sadikin peraih Kalpataru tahun 2020.

“Karena semangat yang kuat dari pak Sadikin dan mitra binaan CSR lainnya, kami juga semakin semangat dalam mendampingi kegiatan – kegiatan masyarakat . Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kerja keras kita semua, semoga bisa menginspirasi banyak pihak lain di luar sana untuk berkontribusi dalam melestarikan lingkungan,” tuturnya. (Win)

Check Also

Syamsurizal: Jika tak Berbenah PPP Akan Punah

Rapimwil Jalan, Pelantikan Pengurus DPW PPP Ditunda Pengurus DPW PPP Riau periode 2021-2026 di sela-sela …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *