Minggu , 17 Oktober 2021

Peringati Hari Kanker Sedunia, Mahasiswa STIKes PMC Salurkan Bantuan Kepada Anak Penderita Kanker

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Dalam memperingati hari Kanker Internasional bertepatan pada Kamis 04 Januari 2021, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pekanbaru Medical Center (STIKes PMC) melaksanakan kegiatan galang dana yang berlokasi di pasar arengka.

Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas sebagai mahasiswa keperawatan terhadap penderita kanker di yayasan Kasih Anak Kanker  Indonesia, yakni rumah singgah bagi anak – anak penderita kanker baik dari luar Kota Pekanbaru ataupun Provinsi, kali ini dengan tema berdiri teguh melawan kanker beat small step everyday.

Dalam agenda ini, ikut andil sebanyak 19 mahasiswa dari STIKes PMC dalam memberikan penyuluhan kepada penderita kanker untuk memotivasi dalam menjalani kehidupan yang lebih baik nantinya.

Penyerahan bantuan itu diterima langsung oleh pihak yayasan yang diwakili oleh Muhammad Amin selaku salah satu karyawan disana. Rumah singgah ini sudah berdiri selama 5 tahun dan banyak menerima pasien di berbagai daerah hingga berjumlah 214 anak yang berlokasi dijalan Kartini.

Ketua Hima Keperawatan STIKes PMC, Jumeifa menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu program dari pengabdian kepada masyarakat  secara langsung. “Selain itu kami kunjungan kerumah sakit, juga sosialisasi kesehatan kepada warga tentang pentingnya kesehatan saat ini” jelas Jumeifa.

Dilokasi yang sama pihak yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Muhammad Amin SPd berterima kasih dan bersyukur atas kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa STIKes PMC atas bantuan dan kepedulian terhadap anak penderita kanker, terlebih masih dalam suasana Covid-19 yang belum kunjung usai.

“Dirumah singgah ini ditempati oleh anak anak dengan usia dari bayi hingga 18 tahun, selain sedang dalam proses pemulihan, mereka juga sekolah seperti biasa dengan guru yang telah disediakan, guna agar tidak pembelajaran disekolah” Katanya lagi.

Sementara itu, pembina Mahasiswa Keperawatan Ns. Alfiannur M.Kep mengutarakan acara yang dilaksanakan oleh mahasiswa STIKes PMC tersebut sesuai dengan planning dari awal dan dapat disalurkan tepat sasaran.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini dan kemarin berjalan lancar untuk saudara kita memiliki kondisi kurang beruntung, dengan memperingati hari kanker sedunia ini mahasiswa kami berinisiatif menyalurkan kepada mereka yang membutuhkan”. Jelas Alfiannur.

Alfiannur diakhir wawancara menambahkan sebagai seorang mahasiswa kesehatan yang profesional sudah sewajarnya memiliki jiwa sosialisasi yang tinggi, diharapkan mampu membawa diri lebih baik lagi ditengah masyarakat, peduli terhadap sesama, dan bagi yang membutuhkan, sehingga ketika lulus dari STIKes PMC memiliki jiwa yang peka terhadap orang lain.

Jumeifa berharap bagi anak anak yang menderita kanker tersebut dapat lebih semangat dalam proses penyembuhan, agar bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Dalam hari kanker sedunia ini, dimana para penderita kanker seluruh dunia dapat bersatu dalam memerangi epidemi kanker secara global. (Jel)

Check Also

Luar Biasa, 650 Mahasiswa UT Berhasil Diwisuda

Bupati Afrizal Sintong Selesai Tepat Waktu Direktur UT Pekanbaru, Iqbal Miftakhul Mujtahid MSi, IT (tengah) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *