Minggu , 1 Agustus 2021

Baznas Bentuk Bank Jelantah


  • Ketua Baznas Pelalawan H Eddi Amran,Lc,MA usai pembentukkan Bank Jelantah Baznas bersama tim di Pangkalan Kerinci

PANGKALANKERINCI (khabarmetro.com) -Inovasi tiada henti dalam memberikan pelayanan kepada ummat terus dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pelalawan. Tak hanya membangun mini market Bazmart serta program produktif, kini Baznas Pelalawan melirik minyak jelantah. Jika sebelumnya minyak goreng bekas ini hanya dibuang saja, tapi Baznas akan mengolah menjadi Biodisel. Jadilah dibentuk Bank Jelantas Baznas (BJB) sebagai wadah penampung.
‘’Alhamdulillah hari kemarin sudah terbentuk BJB ( Bank Jelantah Baznas,red). In syaa Allah Senin (8/2) pekan depan mulai beraktifitas,’’jelas Ketua Baznas Kabupaten Pelalawan H Eddi Amran,Lc,MA, Selasa (2/2).
Media ini yang sempat penasaran lalu menanyakan minyak goreng bekas yang biasa dibuang kaum Hawa khususnya jika sudah memasak di dapur itu. ‘’Kedepan kita akan olah sendiri menjadi biodiesel,’’begitu ucap Eddi Amran optimis.
Sebagai bentuk kesiapan menjadikan minyak jelantah sebagai salah satu sumber energi terbarukan itu sebut Buya Eddi sapaan akrabnya sedang disiapkan SDM yang akan mengolahnya.
‘’Sekarang sedang menyiapkan tenaga-tenaga ahlinya. Ada beberapa orang remaja masjid Simpang Beringin (Desa Beringin Kecamatan Bandar Seikijang,red) binaan kita yang menekuni itu. Sudah pernah uji coba berhasil,’’terangnya.
Untuk saat ini kata buya penyandang gelar Khalifah Makmur ini, Baznas melalui BJB menjual ke pihak ketiga. ‘’Tahap selanjutnya itu akan kita olah sendiri menjadi biodiesel. Makanya kita siapkan SDM nya dulu,’’kata Buya Eddi Amran.
Dengan adanya BJB juga sambung peraih predikat Penyuluh Agama Islam Teladan Provinsi Riau Tahun 2019 lalu, membuka banyak peluang. ‘’Limbah yang dulunya terbuang menjadi berguna. Para pengangguran bisa ada usaha karena kita beli jelantah dengan ring harga Rp 2500-3000/ kg dari masyarakat,’’bebernya.
‘’Hasil penjualan masuk ke kas infaq Baznas,’’imbuh Buya Eddi sambil menghimbau kepada ibu-ibu agar diinfaqkan minyak jelantahnya, namun bagi yang ingin jual karena butuh uang belanja, maka BJB akan membelinya.
‘’Silahkan ibu-ibu menqantar minyak jelantahnya ke BJB atau bisa juga dijemput oleh petugas kami.Bisa berinfaq minyak ke BJB ,bisa juga dijual, semua dilayani. Uang hasil penjualan masuk ke infaq untuk kebutuhan masyarakat miskin Kabupaten Pelalawan,’’terangnya sambil menyebutkan BJB beralamat di Toko Z-Mart ,belakang lapangan bola kaki dekat Puskesmas Berseri Pangkalan Kerin Timur
‘’Mulai sekarang jangan ada pengangguran, mari bergerak kumpulkan minyak jelantah. Baznas siap menampung,’’pungkas Buya Eddi Amran.amr

Check Also

BEBUAL SAMBIL NGOlah Pikiran yang ditajah oleh Kwarran Binawidya Pekanbaru

Pekanbaru (khabarmetro.com ) – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Binawidya pada Jumat 30/07/2021 melalui Dewan Kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *