Sabtu , 17 April 2021

Luar Biasa, Pelajar SD/SMP IT Al Hidayah Sungai Pakning Ditempa Jadi Pengusaha Islami dengan Ini

SUNGAIPAKNING (Khabarmetro.com) – Untuk melatih dan mencetak jiwa Enterpreneur sekaligus pengusaha yang Islami bagi siswa – siswi, Yayasan Amiruddin SD/SMP Islam Terpadu (IT) Al Hidayah Desa Sejangat Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Rabu (7/4/2021) menggelar kegiatan Market Day.

Market day merupakan aktivitas
pembelajaran Enterpreneur, di mana anak- anak diajarkan bagaimana memasarkan produk kepada teman, guru atau pun kepada pihak luar.

Kegiatan ini berbentuk bazar atau pasar yang diselenggarakan sekolah, dengan melibatkan segenap komponen sekolah, terutama siswa – siswi SD/SMP IT Al Hidayah, yang juga melibatkan guru dan wali murid.

Pantauan media ini dilokasi Market Day yang dipusatkan di halaman sekolah berlokasi di Jalan Ahmad Yani Desa Sejangat itu, terlihat pengunjung dari komponen sekolah maupun luar sekolah juga diundang.

Turut hadir Ketua Yayasan Amiruddin H. Muhammad Rafi, Kepala SD/SMP IT Al Hidayah Dedi Herwandi dan jajaran majelis guru, tokoh masyarakat Ujang Effendi, ratusan siswa – siswi yang siap melaksanakan transaksi jual beli beserta wali murid.

Dalam sambutannya ketua yayasan Amiruddin, H. Muhammad Rafi menyampaikan pentingnya menempa dan mencetak jiwa enterpreneur yang islami sejak dini kepada anak – anak.

“Kewirausahaan ini merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif dan kreatif, dan berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan atas kegiatan usahanya. Melalui kegiatan market day ini, kita ingin anak – anak SD/SMP IT Al Hidayah terstimulasi dengan transaksi jual beli, namun yang paling penting adalah menerapkan nilai – nilai Islami, sehingga kelak menjadi seorang pengusaha atau pedagang yang mentauladani Rasulullah Muhammad Sholallahu alaihi wasallam, sebab Nabi kita juga seorang pedagang yang sangat sukses,” tutur Haji Rafi.

Lebih lanjut dikatakan Haji Rafi, bahwa pokok kewirausahaan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada anak usia dini antara lain mandiri, kreatif, pengambil risiko, kepemimpinan, orientasi ada tindakan, dan kerja keras.

“Penanaman nilai karakter wirausahawan yang islami merupakan salah satu cara dalam mewujudkan visi SD/SMP IT Al Hidayah melalui berbagai program, salah satunya market day ini,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Kepala SD/SMP IT Al Hidayah Dedy Herwandi, dijelaskannya bahwa kegiatan tersebut tidak hanya dititikberatkan pada kegiatan market day (jual beli) saja, tapi anak diajarkan untuk memproduksi, mengemas produknya, bernegosiasi, mencari relasi atau mitra kerja, dan juga memasarkannya.

“Setiap stand yang dikelola siswa – siswi akan dinilai, sehingga mereka saling berkompetisi untuk mempersembahkan yang terbaik. Hasil dari kegiatan market day tersebut dapat dijadikan salah satu cara menanamkan nilai kewirausahaan sejak dini, sehingga setelah mereka lulus dari sekolah dan perguruan tinggi, mereka tidak lagi menjadi pencari kerja tapi akan membuka lapangan pekerjaan.” ujar Dedi optimis.

Dedy menambahkan dalam mempersiapkan market day ini, jauh-jauh hari siswa sudah terlibat menyiapkan rencana perdagangannya.

“Selain para guru, tentu saja orang tua juga terlibat menyiapkan barang-barang dagangan. Terutama ibu- ibu yang bertugas membuat makanan atau minuman untuk dijual oleh anak – anaknya.” Sebut Dedy.

Dedy juga mengatakan pihaknya akan menggelar kegiatan lainnya pada bulan Ramadhan 1442, dalam rangka untuk terus memantapkan jiwa enterpreneur islami bagi siswa – siswi SD/SMP IT Al Hidayah. (Win)

Check Also

Himpunan Mahasiswa Kebidanan dan HIMA GIZI STIKes PMC Ikut Serta Dalam Gerakan Peduli NTT

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Aksi penggalangan dana yang bertajuk bersama peduli Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *