Senin , 2 Agustus 2021

KUKERTA Terintegrasi 2021, Mahasiswa UNRI Ikut Serta Menyukseskan Tradisi Be aghak Balimau

Bengkalis – (Khabarmetro.com) – Menyambut bulan suci Ramadhan, mandi Balimau diadakan di Desa Teluk Latak, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Upacara Be aghak Balimau dibuat agar hati kita itu bersih menyambut puasa.

“Mandi basah rambut mau puasa itu kan sunnah, biar rambut kita wangi jadi diusapkan air limau ke kepala dan kata orang tua-tua biar hati kita disucikan” ujar Darlis, ketua pelaksana acara. Be aghak Balimau (berarak/pawai untuk mandi balimau) biasanya dibuat sehari sebelum puasa.

Be aghak Balimau di Desa Teluk Latak sendiri dilaksanakan pada 12 April 2020. Rute Pawai berjarak sekitar 6 km, yakni dimulai dari Masjid Ryadul Abidin (biasa disebut masjid Darat) sampai Masjid Solihin yang berada di samping kantor desa.

Be aghak Balimau tahun ini tetap diadakan di Desa Teluk Latak atas pertimbangan Badan Permusyawaratan Desa dan aspirasi masyarakat. Pesertanya terbagi atas kelompok-kelompok yakni Kelompok Rabana, Kompang, Zapin Sekapur Sirih, Perangkat Desa dan Masyarakat Desa. Mandi Balimau tidak dilakukan kepada semua peserta, tetapi hanya disimbolkan dengan memandikan anak-anak dan orang-orang tertentu oleh tokoh masyarakat.

Selama acara berlangsung, mahasiswa KUKERTA turut serta dalam mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan acara, seperti menata perlengkapan dan konsumsi untuk makan bersama setelah berarak-arak dan mandi limau di Masjid. Di akhir kegiatan yang berlangsung, mahasiswa juga ikut membagikan selebaran Jadwal Imsakiyah untuk puasa tahun ini dan disambut dengan baik oleh mayarakat. (Rls/Km)

Check Also

BEBUAL SAMBIL NGOlah Pikiran yang ditajah oleh Kwarran Binawidya Pekanbaru

Pekanbaru (khabarmetro.com ) – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Binawidya pada Jumat 30/07/2021 melalui Dewan Kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *