Jumat , 30 Juli 2021

Jalani Ramdhan Gubri Kembali Ingatkan Prokes Covid-19 Jalan

PEKANBARU (Khabarmetro.com)–  Menyambut dan menjalankan Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah, Gubernur Riau, (Gubri) H Syamsuar kembali mengingatkan masyarakat agar selalu mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Sehingga ibadah selama bukan Ramadhan tetap aman dan lancar sesuai yang diharapkan.

Hal tersebut disampaikan Gubri Syamsuar saat menyerahkan penghargaan Wisata Budaya Tak Benda (WBTB) akhir pekan lalu di Balai Anjungan Tepian Ranah Tanjung Bunga Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Riau kami mengucapkan selamat menyambut Bulan Suci Ramadan, Marhaban Ya Ramadan. Dan kita minta masyarakat jangan lupa memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT). Semoga wabah Covid-19 segera berakhir dari kehidupan kita,” katanya.

Himbauan ini kata Gubri, juga sesuai dengan surat edaran dari pemerintah pusat yang mempertimbangkan kondisi Covid-19 masih mengalami peningkatan dari berbagai daerah. Termasuk Riau yang juga masih mengalami peningkatan.

“Untuk mari kita terapkan protokol kesehatan dengan baik. Karena meski diingatkan pemerintah masih memberiakn kesempatan untuk tetap menjalankan ibadah Ramadhan,” ujarnya.

Sebagai informasi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama RI (Kemenag) mengeluarkan panduan ibadah saat Ramadan dan Idulfitri 1441 Hijriyah 2021 Masehi disaat pandemi Covid-19.

Pada surat ederan (SE) tersebut mengatur tentang diizinkannya masyarakat melakukan kegiatan buka puasa bersama, salat berjamaah (lima waktu, tarawih, dan witir(, tadarus Al-Qur’an, serta iktikaf dengan syarat jumlah kehadiran maksimal 50 persen dari kapasitas masjid maupun musala yang ada.

Lebih lanjut, disaat bulan suci ramadan dan Idul Fitri masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, menjaga jarak minimal 1 meter, membawa sajadah atau mukena masing-masing, memakai masker, dan selalu mencuci  tangan secara berkala dengan sabun ataupun hand sanitizer. (dre)

Check Also

Pengabdian Masyarakat Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan ibu dan Balita di Posyandu Senyum Balita Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru

PEKANBARU – Tiga orang tim dosen dan tiga orang tim mahasiswa STIKes Al Insyirah Pekanbaru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *