Minggu , 5 Desember 2021

Gubri, Kapolda hingga Ketua KPU RI Tinjau Langsung Pelaksanaan PSU Torganda Rohul

 

TAMBUSAI UTARA (Khabarmetro.com)– Rombongan Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi tiba di Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rohul, Rabu (21/4). Kedatangan orang nomor satu Riau ini dalam rangka meninjau pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) 25 TPS di kawasan PT Torganda.

Gubri Syamsuar yang turut didampingi unsur Forkopimda Provinsi Riau bersama Ketua KPU RI, Arif Budiman, Ketua Bawaslu Provinsi Riau serta Sekda Rohul, H Abdul Haris SSos MSi dan unsur Forkopimda kabupaten meninjau 3 titik TPS dari 25 TPS yang dilangsungkan pencoblosan dan pemungutan suara ulang.

Gubri Syamsuar dalam keterangan Pers nya menyampaikan, maksud kedatangan dirinya ke Tambusai Utata tepatnya di kawasan PT Torganda. Gubri sangat mengapresiasi PSU di sana berjalan dengan aman dan tertib.

“Kami ucapkan terima kasih kepada penyelenggara KPU, Bawaslu, dan TNI Polri yang sudah bekerja keras, sehingga PSU di Tambusai Utara, Rohul berjalan lancar dan tidak ada gangguan,” kata Syamsuar.

Sementara, Ketua KPU RI Arif Budiman menjelaskan bahwa PSU merupakan hal biasa terjadi dalam proses konstitusi di Indonesia. Kabupaten Rohul merupakan salah satu daerah yang dilakukan PSU di 25 TPS, mengacu pada putusan MK.

“PSU ini biasa terjadi dalam proses konstitusi Indonesia, dan Rohul salah satu daerah yang melaksanakan PSU sesuai dengan putusan MK beberapa waktu lalu.

Dirinya mengaku, pelaksanaan PSU di kawasan PT Torganda sejauh itu tidak ada kendala, baik distribusi surat suara, hingga pengamanan dari TNI dan Polri.

Dari pantauan di lapangan, pengamanan terlihat begitu ketat, mulai dari pos gerbang pertama masuk ke PT Torganda.

Petugas Kepolisian dan TNI terlihat berjaga dan memeriksa identitas pengendara yang hilir masuk ke lokasi tempat dilaksanakan PSU tersebut.

Bahkan, aparat kepolisian bersenjata laras panjang juga terlihat berjaga di setiap persimpangan di dalam kebun sawit milik PT Torganda ini.

Pada kesempatan itu Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si meminta semua pihak bersabar menunggu hasil PSU hingga pengumuman oleh KPU Kabupaten Rohul beberapa waktu kedepan.

Jenderal bintang dua ini mengingatkan semua pihak yang terlibat dalam Pilkada Rohul, agar sama-sama menjaga keamanan, dan ketertiban. Jika ada pihak yang tidak puas dengan hasil PSU, dirinya menyarankan diselesaikan sesuai aturan berlaku.

Pada saat PSU berlangsung, protokol kesehatan Covid-19 tetap diperketat seperti cuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.(sal)

Check Also

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Ini Dia Kegiatan yang Ditaja Dinsos Riau

Setelah Lama Tertunda, Lomba dan Pelepas Dahaga Dinas Sosial Riau mengadakan aneka perlombaan sempena Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *