Senin , 26 Juli 2021

Wow… Pelindo I Pekanbaru Salurkan Bantuan UMKM dan Bina Lingkungan Sekitar Rp13, 8 M

Mari Bangkit Bersama Lawan Pandemi Covid 19

GM Pelindo I Cabang Pekanbaru, I Wayan Irawan (tengah) fose bersama dengan penerima bantuan UMKM Pelindo I, Kamis (17/12)

PEKANBARU (khabarmetro.com) –Dalm rangka melaksanakan keputusan menteri Keuangan RI tentang program kemitraan dan bantuan program bina lingkungan  PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo) Cabang Pekanbaru, Kamis (17/12) menyerahkan bantuan. Bantuan yang diserahkan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) , sarana pendidikan dan pelestarian alam dengan total sekitar Rp13 ,8 miliar.

Penyerahan dana itu dilakukan secara serimonial yang diserhakan GM Pelindo I Cabang Pekanbaru, I Wayan Irawan pada acara serimonial penyerahan Dana Pinjaman Modal Usaha program Kemitraan dan Bantuan Program Bina Lingkungan PT Pelindo kepada UMKM, Kamis (17/12).  Pada acara tersebut dihadiri Komandan Korem 031 WB Pekanbaru diwakili Kas Rem 031 WB Kol Inf Junaidi  M, S.Sos dan para penerima bantuan program  kemintraan.

Dijelaskan Wayan, dana sebesar Rp 13,8 miliar tersebut  telah disalurkan di antaranya disalurkan untuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) selama 5 tahun dari tahun 2016 sampai tahun 2020 untuk UMKM dengan total penyaluran sekitar Rp10 miliar dan dibagikan untuk 175 UMKM dan mitrabinaan.

Selain itu juga diserahkan untuk bina lingkungan yakni berupa sarana ibadah, prasarana umum, sarana pendidikan dan pelestarian alam disalurkan sebesar Rp2, 86 miliar.

Kemudian untuk program kemitraan dan bina lingkungan untuk tahun 2020 berupa pinjaman modal usaha sebesar Rp1, 013.000.000 untuk 20 UMKM yang tersebar di kabupaten Siak, Kampar, Rohul, Pelalawan dan Kota Pekanbaru.  ” Pinjaman ini mimiliki masa tenggang waktu selma 3 bulan dengan suku bunga yg sangat kecil sebesar 3 persen pertahun,” jelas Wayan.

Sedangkan dana program bina lingkungan disalurkan antara lain, rehab atap aula dan ruang belajar sekolah SDI 025 Al Hasanah di Kecamatan Siak Hulu dengan nilai Rp100 juta.

Kemudian, bantuan rehab rumah tidak layak huni sebanyak 2 unit yang ada di Kecamatan  Tualang Perawang dengan nilai Rp75 juta. Bantuan sembako kepada warga kurang mampu kepada jemaat Gereja Kasih Abadi dan GKPI kecamatan Perawang dengan total nilai sekitar Rp32 juta.

Selanjutnya, sesuai dengan tujuan bantuan adalah utk mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi serta terciptanya kesempatan berusaha dan pemberdayaan masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan sehingga dapat tercipta kemitraan antara BUMN dengan UMKM.

Harapan kami Pelindo, semoga pinjaman yang diberikan ini, benar benar dipergunakan untuk pengembangan usahanya sehingga omset penjualannya dapat meningkat dan pada akhirnya usaha berkembang dan bangkit dari cengkraman pandemi Covid 19 yang  telah memporak poranda perekonomian masyarakat dan bangsa Indonesia .(aby)

Check Also

Tanpa Bantuan Dana dari Pemerintah, Atlet NPC Kepulauan Meranti  Harumkan Nama Daerah

Tiga Atlet NPC Kepulauan Meranti Sabet 4 Mendali   MERANTI (Khabarmetro.com) – Sebanyak 3 atlet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *