Sabtu , 18 September 2021

Vaksinasi Para Tokoh, LAM Riau Ikut Keputusan MUI

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)–  Pemerintah pusat melalui Kemendagri instruksikan pemerintah daerah laporkan 10 tokoh di daerah sebagai penerima vaksin Covid-19 perdana, termasuk Provinsi Riau. Dimana para tokoh tersebut ditentukan oleh masing-masih daerah yang batas waktu laporannya diberikan hingga 11 Januari 2021 mendatang. Pemberian vaksin Covid-19 kepada Para tokoh tersebut, sebagai acuan untuk keyakinan masyarakat menerima vaksin Covid-19 kedepan.

Wacana pemerintah lakukan vaksinasi pertama untuk para tokoh tersebut, mendapat tanggapan dari tokoh di Riau. Diantaranya tokoh adat Melayu Riau, Dt Sri Syahril Abubakar, jika wacana pemerintah berikan vaksinasi untuk para tokoh itu ia mengatakan menyerahkan dan mengikuti keputusan dari Ulama maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI), khususnya yang ada di Riau. Hal itu berdasarkan keahlian dan pihak berkompeten untuk menjadi pedoman bagi masyarakat penerima.

“Jadi kita mengikuti ulama, kalu ulama sudah memutuskan kita ikuti karena kita bukan ahli dalam hal ini. Begitu juga dari pihak perizinan seperti BP POM terkait halal dan tidaknya,” katanya. Selasa (5/1) melalui telepon selulernya.

Sebagai bentuk dukungan Vaksinasi Covid-19, ia mendukung pelaksanaan vaksinasi jika memang menyangkut kesehatan masyarakat. Namun ia menegaskan kembali pada yang disampaikan sebelumnya yang harus ada keputusan mutlak dan betul-betul sudah layak untuk diberikan kepada masyarakat.

“Kita ini kan sebagai penerima, maka itu kita harus ada keputusan kelayakan yang kita ikuti,” tuturnya.

Jadi tambahnya, terkait wacana pemerintah memberikan vaksin Covid-19 pada para tokoh di Riau ini, bisa di koordinasikan dengan pihak berkompeten. Sehingga program yang tujuannya untuk mengantisipasi wabah Covid-19 ini bisa berjalan dengan baik.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, jika 10 tokoh yang di maksud sebelumnya akan di rapatkan dulu oleh Pemprov Riau dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau. Dimana tokoh-tokoh tersebut termasuk diantaranya tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemerintaham seperti anggota DPRD dari bernagai daerah di Riau.

“Jadi siapa tokohnya nanti sesuai hasil rapat bersama Forkopinda,” katanya.

Sedangkan terkait Vaksin Covid-19, ia menyatakan saat ini sudah sampai di Riau yang di simpan di UPT Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

“Ini merupakan tahap pertama yang jumlahnya sebanyak 20.000 dosis yang akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, TNI/Polri serta tokoh pemerintahan sebagainoenerima pertama,” tuturnya.(dre)

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *