Sabtu , 23 Oktober 2021

Tokoh LAM Riau Prihatin Pengrusakan APK Pilkada

 

PANGKALANKERINCI-Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Riau menyatakan keprihatinannya terhadap aksi pengrusakan alat peraga kampanye (APK) yang terjadi di sejumlah daerah yang menggelar Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Karena hal itu bukanlah cara yang benar untuk menang. Berjuanglah dengan sportif tanpa harus menjatuhkan orang lain dengan cara yang tidak terpuji.
”Sungguh, saya sangat prihatin melihat pengrusakan terhadap APK berupa spanduk, baleho pasangan Cabup Cawabup yang maju pada Pilkada mendatang. Tidak tahu siapa pelakunya tapi aksi merusak itu sangat tidak baik,’ ‘kata Wakil Ketua LAM Riau H Daslir Maskar, Kamis (5/11).
Daslir, mantan anggota DPRD Pelalawan yang juga salah seorang tokoh Kabupaten Pelalawan ini meminta semua pihak menahan diri menuju Pilkada yang dijadwalkan 9 Desember tahun ini.
”Menahan diri maksudnya tiap-tiap pendukung calon yang maju jangan melakukan aktivitas yang merugikan orang lain. Ya, itu tadi merusak spanduk dan baleho, menebar fitnah dan lainnya. Maju dan dukunglah pasangan masing-masing dengan sportif. Bukan dengan cara perang dingin merusak begitu,”papar Daslir.
Daslir yang akrab disapa Wak Jalil ini menyebut, aksi buruk merusak baleho dan spanduk tak hanya terjadi di Kabupaten Pelalawan saja, tapi hampir di seluruh Riau yang menggelar helat Pilkada.
”Membuat APK Pilkada itu pakai duit. Kasihan kita kan, sudah dipasang dengan bagus, alih-alih dirusak, ditumbangkan. Ini termasuk kriminal,”sambungnya dengan nada agak kesal.
”Kalau APK itu ditertibkan oleh pihak berwenang, Panwas misalnya itu tidak masalah, karena jika itu sudah ketentuannya. Kalau ditertibkan tentu tak ada yang merasa tersakiti. Beda dengan dirusak. Berjuang dan majulah dengan sportif tanpa melumpuhkan orang lain dengan cair tidak fair,”harapnya.
Meski tidak menyebutkan detil lokasi pengrusakan, namun dalam perjalanannya, Wak Jalil mengaku banyak menemukan lejadian yang tidak patut dilakukan tersebut.
”Jangan karena benci dan tak suka pada paslon yang maju Pilkada, baleho spanduk yang jadi sasaran. Pandai-pandailah promosikan kebaikan dan kemampuan dukungannya masing-masing kepada masyarakat. Karena semua kita bersaudara,”pungkas Wakil Ketua LAM Riau ini.amr

Check Also

Plh Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Buka Pelatihan Budidaya Ikan Sistem Bioflock

Plh Kadis Peetanian dan  Perikanan Pekanbaru drh H M Firdaus menyampaikan kata sambutan. PEKANBARU (khabarmetro.com)- …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *