Sabtu , 17 April 2021

Tiba di Riau, Besok Pesawat TMC Lakukan Modifikasi Cuaca di Riau

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Tiba di Riau, besok Rabu 10 Marer 2021, pesewat Teknologi Modifikasi Cuasa (TMC) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lakukan modifikasi Cuaca di Riau.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur,
Selasa (9/3) di Pekanbaru. Dikataknya, jika pesawat jenis Casa 212-200 tersebut sampai di bandara Lanud Roesmin Nurjadin sekitar pukul 03.00 WIB sore tadi.

“Sesuai rencana awal besok akan lansung melakukan modifikasi cuaca di Riau,” katanya.

Namun, sebelum melakukan modifikasi cuaca kata Jim Gafur, terlebih dahulu petugas TMC akan melakukan evaluasi dan melihat perkembangan terhadap cuaca di Riau. Terutama terkait kondisi awan yang dinilai bisa dilakukan penyemaian garam.

“Jadi pagi besok pihak TMC akan melakukan rapat dulu bersama BMKG untuk melakukan evaluasi cuaca. Jika ada awan dan memungkinkan akan lansung dilakukan penyemaian garam,” jelasnya.

Lebih jauh kata Jim Gafur, untuk Modifikasi Cuaca ini, Riau diberikan stok garam sebanyak 10 ton. Dimana 10 ton garam tersebut jika habis akan dikirim lagi dari pusat sesuai kebutuhan dan sesuai hasil modifikasi cuaca kedepan.

“Untuk modifikasi cuaca ini, sekali pelaksanaan akan menggunakan sekitar 800 kg garam. Sedangkan waktu penyemaiannya tergantung pada kondisi cuaca,” jelasnya.

Yang pasti tambahnya, Pemprov Riau juga berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah meberikan bantuan TMC untuk antisipasi Karhutla di Riau.

“Mudah-mudahan dengan ada TMC ini bisa mengatasi Karhutla mau maupun titik api yang masih terdeteksi di Riau. Terutama pada daerah yang sulit dijangkau melalui darat,” tuturnya.(dre)

Check Also

KUKERTA Terintegrasi 2021, Mahasiswa UNRI Ikut Serta Menyukseskan Tradisi Be aghak Balimau

Bengkalis – (Khabarmetro.com) – Menyambut bulan suci Ramadhan, mandi Balimau diadakan di Desa Teluk Latak, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *