Senin , 26 Juli 2021

Terbukti Aman, Antusias Masyarakat Riau ikut Vaksinasi Terus Meningkat

PEKANBARU (Khabarmetro.com)– Meski hingga saat ini masih banyak beredar informasi hoax terhadap vaksin, tidak begitu berpengaruh pada masyarakat Riau. Buktinya setiap penyelenggaraan vaksinasi oleh berbagai intansi di Riau selalu ramai diikuti masyarakat.

Seperti yang diselenggarakan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau bersama Dinas Kesehatan Riau, Senin (12/4) yang juga di hadiri Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Direktur RSUD Arifin Achmad Nuzelly Husnedi, Ketua DPRD Riau Yulisman, Wali kota Pekanbaru Firdaus, serta tamu undangan lainnya.

Vaksinasi massal yang di laksanakan Kejati Riau ini, cukup banyak diikuti berbagai kalangan masyarakat Riau mulai dari golongan remaja, dewasa hingga lanjut usia yang totalnya mencapai ratusan masyarakat.

Menurut salah seorang peserta vaksinasi, Hj Rosni Z, warga Jalan Penghijauan, Jalan Harapan Raya, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, mengatakan, ia mengikuti vaksinasi karena merasa yakin vaksin mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus berbahaya. Terutama virus corona (Covid-19) yang saat ini masih terjadi di Riau.

“Saya juga sudah lama menunggu vaksinasi ini, karena saya berharap vaksinasi ini bisa mengatasi penukaran Covid-19,” katanya.

Ia juga mengaku, setelah dilakukan vaksinasi ini, ia juga mengaku tidak merasakan dampak yang begitu mengkhawatirkan. Kecuali hanya rasa ngilu karena setelah disuntik.

“Setelah disuntik kami juga diberikan waktu selama 30 menit untuk merasakan dampak dari vaksinasi. Alhamdulillah hingga saat ini tidak berdampak apa-apa,” jelasnya.

Terkait adanya informasi-informasi kurang baik terhadap vaksin, ibu yang sudah berusia 75 tahun ini mengatakan tidak peduli. Karena untuk mengetahui semua itu setelah melakukan vaksinasi.

“Ada memang saya menerima kabar itu, tapi coba dulu betul atau tidaknya. Yang pasti saat ini, alhamdulillah saya tidak ada masalah,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, Nino Setiawan salah seorang karyawan restoran di Pekanbaru. Menurutnya setelah divaksinasi ia sedikit ngantuk dan tidak ada merasakan dampak lainnya yang mengkhwatirkan.

“Bawaannya ngantuk aja, yang lain belum ada,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kejati Riau, Dr Jaja Subagja SH MH, mengharapkan pelaksanaan vaksinasi massal ini mampu untuk mengatasi dan mencegah penularan Covid-19 kedepan. Terutama dalam mencapai kekebalan masal (Herd Imunity) sesuai yang diharapkan pemerintah.

“Kita harap dengan adanya vaksinasi massal ini dapat mebantu meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat. Khususnya lingkungan Kejati Riau yang selalu menjalankan tugas dan banyak berinteraksi diluar,” katanya.

Untuk vaksinasi massal ini, ia menargetkan sebanyak 800 peserta dari berbagai usia dan golongan masyarakat. “Ini juga kita berikan untuk para keluarga dari pegawai kejaksaan serta masyarakat sekitar yajg ada dinKota Pekanbaru,” tuturnya.

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, vaksinasi massal yang diselenggarakan Kejati ini sangat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menyukseskan vaksinasi sesuai arahan Menteri Kesehatan (Menkes) RI.

“Selaku yang mewakili pemerintahan Riau kami mengucapkan terimakasih kepada Kejati Riau yang telah melaksanakan vaksinasi massal ini,” ujarnya.

Selain itu, Gubri, Syamsuar juga mengapresiasi antusias masyarakat yang mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan Kejati Riau ini. Semoga vaksinasi yang diterima masyarakat ini mampu mebantu masyarakat dalam meningkatkan daya tahan tubuh dari penularan Covid-19.

“Kita juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang antusias mengikuti vaksinasi ini. Semoga kedepan segera mewujudkan kekebalan massal dan mengatasi permasalahan pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi di Indonesia maupun di Provinsi Riau,” tutur Gubri. (dre)

Check Also

Panglima Besar Jufrian Resmi Nakhodai LHMB

Siap Kibarkan LHMB ke Penjuru Nusantara  Usai dilantik,  Datuk Besar LHMB Jufrian dan penggawa lainnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *