Sabtu , 17 April 2021

Pramuka Unri laksanakan Prosesi Adat Pindah Golongan

Pekanbaru (Khabarmetro.com) Dilaksanakan prosesi adat pindah golongan dari Penegak ke Pandega terkhusus untuk anggota Ambalan dan Racana Sri Serindit, dimana acara ini dilaksanakan pada Jumat sore (30/10/2020) di Bumi Perkemahan Universitas Riau.

Pindah golongan ini memang selalu dilaksanakan anggota Pramuka, waktunya tergantung kepada anggota Ambalan dimana anggota Pramuka Penegak rentang usia 16-20 tahun dan yang sudah memasuki usia Pandega / Pramuka Racana rentang usia 21-25 tahun. Prosesi adat ini diarahkan langsung oleh pemangku adat dan dihadiri oleh pembina Penegak kak Tuti Astuti M.Pd yang menghantarkan pelepasan anggota Ambalan menuju Racana dari Usia Penegak menuju Pandega dan disambut langsung Oleh ketua Gugusdepan selaku pembina golongan Pandega kak Dr. Sri Kartikowati, M.A., M.Buss.

Prosesi adat ini diawali oleh pelepasan dari pembina penegak kemudian peserta didik yabg akan dipindah golongkan akan melewati seutas tali yang telah dipersiapkan oleh pemangku adat sekaligus selama proses melangkah di beri perlindungan payung adat oleh pemangku adat. Proses melangkah tali ini melambangkan perjalanan yang belum selesai dan sudah dilewatinya batas umur penegak dan melangkah ke dunia baru di golongan Pandega. Setelah selesai melangkah kakak kakak calon warga Racana diterima oleh Pembina Racana dan sedikit terjadi tanya jawab serta petuah dari pemangku adat yang harus didengarkan secara khidmat. Kemudian proses terkahir adalah cuci muka dengan menggunakan air bunga tujuh rupa dengan maksud masuk kedalam Racana Sri serindit dalam keadaaan yang bersih serta membasuh hal hal yang jelek dari yang telah dilakukan sebelumnya.

Pindah golongan kali ini di ikuti oleh 4 orang warga ambalan Sri serindit yakni Kak Rizka Dwi Saputri, Kak Nikmatin Nazilah, aKk Lisa Sariani, dan Kak Zara Agita Putri.

Selamat datang kakak kakak di Racana Sri Serindit selamat berjuang untuk mengisi SKU Pandega dan mengembangkan Bahtera Racana ujar Kak Sri Selaku Pembina.(Hwo)

Junjung Budi Hormat Bahasa

Check Also

KUKERTA Terintegrasi 2021, Mahasiswa UNRI Ikut Serta Menyukseskan Tradisi Be aghak Balimau

Bengkalis – (Khabarmetro.com) – Menyambut bulan suci Ramadhan, mandi Balimau diadakan di Desa Teluk Latak, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *