Senin , 26 Juli 2021

Polsek GAS Berikan Pencerahan dan Pembinaan Kepada Petani

Iptu Agus Susanto SH saat memberikan arahan kepada pemilik lahan yang akan mengikuti pembinaan antisipasi karhutla

 

GAS, (Khabarmetro.com)–  Sejumlah warga petani yang terkena dampak kebakaran lahan di Kelurahan Sungai Empat dan Desa Kelumpang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) diberikan pencerahan dan pembinaan,yang​ dilaksanakan di Aula Mapolsek GAS Jalan Hasan Thaha Teluk Pinang.Kamis (11/3)

Giat yang difasilitasi oleh Polsek GAS dan Pemerintah Desa ini, bertujuan untuk para petani pemilik lahan perkebunan benar-benar waspada serta peduli terjadi​ kebakaran lahan​ yang mereka​ digarap selama ini.

Kapolsek GAS Iptu Agus Susanto SH dalam sambutannya memaparkan bahwa beberapa waktu lalu
terdeteksi titik api lahan perkebunan warga,yang terbiar (semak belukar,red) tidak dirawat.

“Sebagian lahan yang​ terbakar, adalah lahan perkebunan tidak produktif dalam artian tidak pernah dirawat oleh pemiliknya,ketika musim kemarau lahan ini sangat rentan terbakar.”ungkap Kapolsek.

Dalam kebakaran lahan para petani yang korban turut membantu karhutla tersebut mendapat pertimbangan dari Polsek GAS dengan dilakukan pembinaan bagi petani pemilik lahan.

“Tuntutan kami, yang mana lahannya yang terbakar, cari pelakunya proses secara hukum,ini kebijakan bukan ketentuan.”ungkap Kapolsek

Kapolsek turut berharap kedepannya tidak terjadi lagi kebakaran lahan, di wilayah Kecamatan GAS, masyarakat tetap peduli terhadap terjadinya karhutla.

“Selama mengikuti pembinaan di Polsek ini, ikut sesuai dengan jadwal diberikan oleh petugas piket,semoga kedepannya kita dapat memahami dan menjadi pembelajaran bagi kita,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Kelumpang Riski Marwira SH MH menjelaskan dengan ada pembinaan yang diberikan kepada pemilik lahan (kebun,red) tentunya dapat dijadikan perhatian para petani,agar untuk mendatang tidak ada lagi kebakaran di wilayah Kecamatan GAS.

“Selama ini pihak pemerintah desa juga telah melakukan sosialisasi tentang karhutla,dan mengajak masyarakat untuk benar benar peduli apa bila terjadi kebakaran lahan, dengan adanya kepedulian kita karhutla ini dapat diatasi bersama.”ungkap Riski.

Pembinaan ini diikuti warga petani dari Desa Kelumpang, dan Kelurahan Sungai Empat. (ujg)

Check Also

Tanpa Bantuan Dana dari Pemerintah, Atlet NPC Kepulauan Meranti  Harumkan Nama Daerah

Tiga Atlet NPC Kepulauan Meranti Sabet 4 Mendali   MERANTI (Khabarmetro.com) – Sebanyak 3 atlet …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *