Kamis , 15 April 2021

Pemprov Usulkan 6 Calon Pj Bupati Inhu dan Meranti

 

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Pemprov Riau usulkan calon Penjabat (Pj) Bupati Dua kabupaten
Kota yang hasil Pilkadanya berujung ke MK pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Yaitu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Kepulauan Meranti.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau H Sudarman, jika usulan tersebut telah disampaikan lansung, Selasa (9/2) ke Kantor Kemendagri, Jakarta yang jumlah calonnya sebanyak 6 orang.

“Berkasnya telah masuk ke Kemendagri, kedepan kita tinggal menunggu persetujuan dan klarifikasi dari Kemendagri,” katanya. Selasa (9/2)

Enam calon tersebut katanya, merupakan pejabat tinggi pratama (PTP) Pemprov Riau dengan rincian 3 calon Pj Bupati Inhu dan 3 calon Pj Bupati Meranti. Sedangkan terkait proses pengajuan hingga keluarnya SK, ia mengaku belum bisa memastikannya. Namun kemungkinan, prosesnya tidak jauh berbeda dengan Pj Wako Dumai beberapa waktu lalu.

“Kalau itu, tergantung proses di Kemendagrinya. Kita tidak bisa memastikan,” paparnya.

Sebelumnya, Kemendagri telah mrnginstruksikan Gubri H Syamsuar untuk menyiapkan dua Pj Bupati itu. Pasalnya dua daerah itu, pelaksanaan Pilkadanya berujung gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Usulan calon Pj bupati itu karena tahapan pengumuman pemenang Pilkada serentak diperkirakan 19 Februari sampai 24 Maret 2021. Kondisi ini mengharuskan Gubernur Riau H Syamsuar menyiapkan calon Pj Bupati Inhu dan Meranti.

Khusus untuk Kepulauan Meranti dan Inhu ini, akhir masa jabatan bupatinya sampai 17 Februari. Karena itu harus disiapkan dua calon Pj bupati sesuai instruksi Mendagri. (dre)

Check Also

Pemerintah Diminta Subsidi Ongkos Naik Haji 2021

Diperkirakan Akan Jadi Rp. 44 Juta   PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Ongkos Naik Haji 2021 (Biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *