Sabtu , 23 Oktober 2021

Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)–“Provinsi Riau segera tetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2021.

Penetapan tersebut, guna mengantisipasi terjadinya Karhutla di Riau yang saat ini kembali mulai terdeteksi di beberapa daerah di Riau.

Informasi tersebut disampaikan lansung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, usai mengikuti pembahasan Karhutla, secara virtual bersama Menko Polhukam RI, Mahfud Md, Selasa (9/2) di Gedung Daerah, Pekanbaru. Dikatakannya jika wacana penetapan status tersebut selain menimbang memasuki musim kemarau juga sesuai arahan Menko Polhukam RI dalam meningkatkan antisipasi Karhutla di berbagai daerah.

“Sebelum menetapkan tingkat Riau, kita menunggu dulu penetapan dari daerah, karena begitu aturannya,,” katanya.

Daerah yang ditunggu menetapkan status siaga Darurat Karhutla itu jelasnya, saat ini ada empat daerah, yaitu, Kabupaten Siak, Kota Dumai, Rohil dan Bengkalis yang mulai terdeteksi titik hotspot.

“Artinya jika empat daerah tersebut sudah menetapkan maka kita akan lansung tetapkan statusnya tingkat Riau,” ujarnya.

Terkait informasi Karhutla yang terjadi di Riau saat ini, Gubri mengatakan mendapat laporan sebanyak 18 titik hotspot yang terdeteksi di Riau. Dimana titik hotspot tersebut sudah ditangani yang diharapkan bisa diatasi dengan maksimal.

“Laporan yang kita terima ada 18 titik hotspot, tapi kalau lahan yang terbakar belum ada. Dan kita berharap sebelum musim kemarau persiapan antisipasi sudah matang. Sehingga Karhutla bisa dicegah atau diatasi dengan maksimal,” tuturnya.(dre)

Check Also

Plh Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Buka Pelatihan Budidaya Ikan Sistem Bioflock

Plh Kadis Peetanian dan  Perikanan Pekanbaru drh H M Firdaus menyampaikan kata sambutan. PEKANBARU (khabarmetro.com)- …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *