Sabtu , 23 Oktober 2021

Menteri LHK Resmikan Perkebunan Bibit Desa Binaan Korem 031/WB

KAMPAR (Khabarmetro.com)– Menteri Lingkungan Hidup (LHK), Siti Nurbaya resmikan Perkebunan Bibit Desa Kelompok Tani Hutan (KTH) Sendang Berkah Aryasatya (SEBAR) Binaan Kodim 0313/KPR, Wilayah Korem 031/WB Desa Muktisari Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau.

Peresmian yang dilaksanakan akhir pekan lalu tersebut, juga di hadiri oleh Gubernur Riau, H Syamsuar, Danrem 031/WB, diwakili Kasrem 031/WB, Kolonel INF, Junaidi MS Sos, MSi, Dandim 0313/ KPR, Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga S Sos MI Pol, Danyonif 132/BS, Mayor Inf Muhammad Syafi’i Nasution, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH, Upika Kecamatan Tapung dan Ketua KTH SEBAR, serta para undangan lainnya.

Peresmian Perkebunan Bibit Desa ini, salah satu program pembinaan yang dilakukan Kodim 0313/KPR bersama pemerintahan daerah untuk dikelola KTH SEBAR. Dimana sebelumnya juga telah melakukan pengelolaan lahan pertanian yang penanamannya juga diresmikan langsung oleh Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan bersama Gubernur Riau, H Syamsuar, Kapolda Riau, serta Forkopimda Riau maupun Forkopimda Kampar dan Kecamatan Tapung .

Menteri LHK, Siti Nurbaya, mengatakan sangat mengapresiasi perkebunan bibit KTH SEBAR ini, dimana programnya sangat kreatif dan berbasis pemberdayaan masyarakat sesuai yang di programkan Kementerian LHK. Sehingga ia mengharapkan perkebunan bibit ini terus berkembang menjadi unit pembibitan mandiri yang mampu mensuplai kebutuhan bibit bagi masyarakat kedepan.

“Saya sangat mengapresiasi perubahan bibit KTH SEBAR ini dan juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran Korem 031/WB, pemerintah daerah dan pihak lainya yang terus bekerjasama dalam berbagai program di lingkungan masyarakat. Terutama dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat,” katanya

Sebagai bentuk apresiasi kepada KTH SEBAR ini, ia juga memberikan bantuan berupa sepeda motor pengangkut sampah kepada KTH SEBAR dan juga Kodim 0313/KPR bersama beberapa pihak lainnya yang telah memberikan kontribusi positif dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan di Provinsi Riau. Dimana ia mengharapkan bantuan tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat kedepan.

“Saya mengajak kita semua untuk senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan, dan tetap bersemangat membangun hutan agar lestari demi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sementara Gubernur Riau, H Syamsuar, selain mengucapkan terimakasih kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya, ia juga mengapresiasi perkebunan bibit KTH SEBAR ini. Dimana program ini juga mampu menjadi program pemulihan ekonomi di masa sulit pandemi saat ini.

“Tambah lagi di perkebunan bibit ini terdapat 40 ribu batang bibit dengan 16 macam jenis tanaman yang bisa di distribusikan kemana saja, khususnya di seluruh wilayah Desa Muktisari,” tuturnya.

Sebagaimana di ketahui, KTH SEBAR ini sebelumnya juga menjalin mitra dengan berbagai kalangan untuk melakukan kegiatan penghijauan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Diantaranya dengan Korem 031/WB melalui Kodim 0313/KPR. Dimana pada awal Oktober 2020 lalu, di fasilitasi Korem 031/WB dan Kodim 0313/KPR, pertama kali masuk usulan Kebun Bibit Desa ke Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Indragiri Rokan, diwakili oleh KTH SEBAR.(dre)

Check Also

Plh Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Buka Pelatihan Budidaya Ikan Sistem Bioflock

Plh Kadis Peetanian dan  Perikanan Pekanbaru drh H M Firdaus menyampaikan kata sambutan. PEKANBARU (khabarmetro.com)- …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *