Rabu , 27 Oktober 2021

Lebih Banyak Disanksi Sosial

Salah seorang pelanggaran protokol kesehatan ketika dijaring tim Satpol PP di depan Sukaramai Trade Center, kemarin 

PEKANBARU (khabarmetro.com) – Sebanyak 30 pelanggar terjaring dalam razia penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang digelar tim gabungan di depan Sukaramai Trade Center (STC) Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (3/12).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP Pekanbaru Burhan Guring melalui Kepala Bidang Operasional dan Ketertiban Masyatakat Yendri Doni mengungkapkan, para pelanggar lebih banyak diberikan sanksi soasil. Dari 30 pelanggar, 22 di antaranya diberikan sanksi sosial.

”Sementara delapan pelanggar diberi sanksi denda administratif. Dari delapan yang membayar denda, satu orang mengikuti sidang di tempat. Sidang langsung dipimpin oleh hakim dari Kejari,” ungkapnya, Kamis siang.

Disampaikan Doni, razia Prokes yang digelar tim gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Pengadilan Negeri dan Kejari ini merupakan tindak lanjut dari penerapan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Nomor 21 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan.

“Target dari razia ini masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” ucapnya.

Melalui razia Prokes, diharapkan bisa meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan sebagai salah satu upaya memutus sebaran wabah Covid-19.

“Untuk itu, kita himbau agar masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya.

Sementara Plt Kasatpol PP Kota Pekanbaru Burhan Gurning mengungkapkan, razia protokol kesehatan akan terus dilanjutkan dengan melakukan razia ke pusat keramaian atau tempat usaha. Pada razia Prokes ini mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Riau Nomor 4 Tahun 2020, lebih mengutamakan penindakan berupa sanksi untuk menimbulkan efek jera.
“Ada denda, kalau tidak bayar denda diancam kurungan tiga hari. Atau sanksi kerja sosial,” tegasnya. (rpg)

 

Check Also

Aklamasi, Jimmy Kurniawan Kembali Pimpin APSAI Pekanbaru

Pelantikan Pengurus, Dijadwalkan November 2021 Anggota dan Pengurus APSAI Kota Pekanbaru bersama Kadis P3APM Chairani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *