Selasa , 18 Mei 2021

Hebat, Kejari Rohil Selamatkan Uang Negara Rp660 Juta

 

BAGANSIAPIAPI (khabarmetro.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berhasil menyelamatkan kerugian negara dari terpidana Syamsuri dkk. Atas keberhasilan ini, Rabu (2/12) sore,  bersama Kasi Pidsus Kejari Rohil Herlina Samosir SH MH, mengembalikan kerugian negara yang sudah inkrah ke kas daerah sebesar Rp 660,875.000.

Penyerahan uang kerugian negara ke kas daerah itu dilakukan secara simbolis kepada Kepala BPKAD H Saffrudin SSos didampingi Pj Sekda Rohil HM Job Kurniawan AP MSi di ruang kerja Kasi Pidsus.

Dipaparkan Kajari Rohil Gaos Wicaksono SH MH melalui Kasi Pidsus Herlina Samosir SH MH bahwa sebelumnya kerugian negara berdasarkan perhitungan BPKP RI, terdapat kerugian negara dari kegiatan media massa di Sekwan Rohil sebesar Rp 892 juta.

Kendati dalam perjalanan penyidikan, Syamsuri dkk sudah mengembalikan sebelumnya sebesar Rp 232 juta dan pada saat tahap penuntutan Syamsuri dkk kembali mengembalikan sebesar Rp 660 juta.

“Sesuai petikan putusan Tipikor Pekanbaru, awal Desember ini, pengembalian uang kerugian negara dari terdakwa Syamsuri, Mazlan dan Riris semua sudah dikembalikan sebesar Rp 892 juta,” kata Herlina.

Lanjut Herlina, selaku Pidsus Kejari Rohil, sesuai amanat pimpinan maka pihaknya mengutamakan pengembalian kerugian negara. Kendati demikian, terhadap pelaku tetap dituntut atau dihukum meskipun sudah mengembalikan kerugian negara tersebut.

“Proses sidang Syamsuri kita tuntut 1 tahun 8 bulan, Riris dan Mazlan 1 tahun 6 bulan. Terdakwa mengakui perbuatan dan mengembalikannya kerugian negara 100 persen. Dan hukuman yang harus dijalani sesuai putusan yang inkrah, Syamsuri dijatuhkan 2 tahu 2 bulan, Mazlan dan Riris masing-masing 2 tahun dengan denda Rp 50 juta atau subsider 3 bulan penjara.

“Terhadap terpidana sudah kita lakukan eksekusi di Lapas Bagansiapi api. Kami mengingatkan, terhadap kegiatan media massa ini sangat rentan terjadi pelanggaran hukum, makan kami harap ke depan jangan ada lagi,” tutup Herlina didampingi Jaksa Jupri Banjarnahor SH. (ppg)

Check Also

Tempat Wisata di Kabupaten Siak di Tutup

Kapolres Siak Himbau Warga Untuk Tetap Dirumah   Siak (Khabarmetro.com)– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *