Rabu , 19 Mei 2021

Kwartir Ranting (Kwarran) Bina Widya dan Tuah Madani laksanakan silaturahmi dan audiensi dengan Kapolsek Tampan

Pekanbaru (khabarmetro.com) – Kwartir Ranting (Kwarran) Bina Widya dan Tuah Madani laksanakan silaturahmi dan audiensi dengan Kapolsek Tampan dan jajaran pada Rabu, 21/04/2021 di ruang kerja Kapolsek Tampan.

Ketua Kwarran Bina Widya Kak Irwan Yuliadi menyampaikan bahwa Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani baru saja terbentuk pada 27 Maret 2021.

“Tentunya sebagai Kwarran yang baru, kami ingin bersilaturahmi dan bersinergi dengan Pak Kapolsek dan jajaran, kami juga ingin meminta kesediaan Kapolsek Tampan sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka Bina Widya yang akan membantu Camat selaku Ketua Mabiran” kata Irwan.

Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita, S.IK menyambut baik silaturrahmi yang dilakukan oleh Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani. Beliau juga menyatakan kesediaannya sebagai Wakil Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Bina Widya.

Ketua Kwarran Bina Widya Kak Irwan juga meminta arahan atau saran dari Kapolsek terkait hal-hal yang bisa dilakukan oleh Gerakan Pramuka dan kegiatan sinergi bersama Polsek Tampan

Kapolsek Tampan mengatakan,
“Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Gerakan Pramuka khususnya di Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani” kata Ambarita

Pertama, Gerakan Pramuka bisa mengajak masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan karena sampai saat ini kasus Covid-19 masih tinggi.

Kedua, di Polsek Tampan ada dikenal dengan Kampung Tangguh, dimana program ini adalah memanfaatkan lahan yang masih kosong untuk diolah bersama masyarakat sehingga menjadi produktif, kita juga dapat melatih masyarakat untuk bertani.

“Saat ini baru ada satu kelurahan Kampung Tangguh yakni Kelurahan Sidomulyo Barat, kita harapkan ke depannya setiap kelurahan di Kecamatan Bina Widya dan Tuah Madani ada Kampung Tangguhnya”

Disinilah peran Gerakan Pramuka, bisa memberikan pelatihan pertanian kepada masyarakat, mengajak masyarakat mengolah lahan yang kosong atau tidur sehingga menjadi produktif dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Tentu lahan yang akan diolah sudah mendapat izin penggunaan oleh pemilik lahan, kata beliau

Beliau juga menyampaikan bahwa program kampung tangguh merupakan program yang bisa dikerjasamakan dengan berbagai pihak misalnya dengan perusahaan-perusahaan yang ada di kelurahan tersebut dengan memanfaatkan anggaran CSR mereka.

Ketiga, Kepolisian bisa dilibatkan dalam pemberian materi pada kegiatan kepramukaan.

Keempat, Gerakan Pramuka bisa bekerjasama dalam kegiatan yang diadakan oleh Polsek Tampan seperti Jum’at berkah, khusus di bulan puasa berbagi takjil, membantu di posko lebaran dan lainnya.

“Pramuka harus kreatif dan inovatif serta berkontribusi untuk masyarakat” kata beliau. Di kondisi covid-19, adik-adik Pramuka bisa dilatih membuat masker, handsanitizer dan lainnya.

Kapolsek juga mendukung rencana dibentuknya Saka Bhayangkara tingkat Ranting.

“Untuk pembentukan Saka Bhayangkara, Kwarran bisa berkoordinasi lebih lanjut dengan Kanit Binmas AKP Fahrel” kata beliau.

Sementara, Kanit Binmas Polsek Tampan AKP Fahrel menambahkan untuk pembentukan Saka Bhayangkara menunggu pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah karena saat ini situasi masih pandemi Covid-19.

“Untuk kegiatan Jum’at berkah kita memberikan bantuan kepada warga yang betul-betul membutuhkan. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang berasal dari iuran anggota Polsek Tampan.

Kanit Intel Polsek Tampan IPTU Polius Hendriawan juga menambahkan terkait program kampung tangguh yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Gerakan Pramuka bisa mendukung program pemerintah dengan memanfaatkan lahan tidur bersama masyarakat melalui usaha pertanian.

Gerakan Pramuka bisa menjadi contoh melalui kreatifitasnya bersama masyarakat. Bila program kampung tangguh ini berhasil tentu peran Gerakan Pramuka sangat dirasakan di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, Gerakan Pramuka juga harus memberikan bekal pengetahuan kepada anggotanya dalam hal kesehatan misalnya penanganan PPPK, orang yang pingsan dan lainnya sehingga ketika ada kegiatan yang melibatkan Gerakan Pramuka di lapangan, anggota Pramuka bisa memberikan kontribusi dalam hal kesehatan dan melayani masyarakat melalui kesehatan walaupun sudah ada tenaga medis dari instansi lainnya, tambah beliau.

Turut mendampingi Kapolsek Tampan, Kanit Binmas Polsek Tampan Bapak AKP Fahrel, Kanit Intel Polsek Tampan Bapak IPTU Polius Hendriawan.

Hadir pada saat silaturahmi dan audiensi dari Gerakan Pramuka Bina Widya dan Tuah Madani, M. Kasir, Sufyanul Arifin, Mastomi dan Febri Andi

Terimakasih atas arahan dan kesediaan Pak Kapolsek dan jajaran yang berkenan menerima silaturahmi dan kunjungan kami, tutup Irwan mengakhiri silaturahmi dan audiensi.

Check Also

Tempat Wisata di Kabupaten Siak di Tutup

Kapolres Siak Himbau Warga Untuk Tetap Dirumah   Siak (Khabarmetro.com)– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *