Sabtu , 18 September 2021

Kubu Suwitno Pranolo Menangkan Perkara Sengketa Koperasi BBDM

Ketua Koperasi BBDM Bukit Batu Suwitno Pranolo bersama pengurus saat menerima putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pekanbaru atas gugatan yang diajukan menghadapi Dinas Koperasi dan UKM Bengkalis, Kamis (18/2/2021).

BENGKALIS (Khabarmetro.com) – Kubu Switno Pranolo akhirnya memenangkan perkara sengketa dualisme kepengurusan Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis terkait Surat Keputusan Kadiskop Bengkalis yang dinilai telah merugikan pihaknya.

Switno Pranolo menyebutkan, putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) telah mengeluarkan penetapan melalui penetapan Nomor 12/PEN/PTS.BHT/2020/PTUN.PBR, tanggal 11 Februari 2021 yang isinya mengabulkan gugatannya.

“Alhamdulillah, gugatan kami sudah dikabulkan dengan beberapa pokok perkara terkait surat Kadiskop Bengkalis yang cacat hukum,”katanya di Bengkalis, Jumat (19/2/2021).

Dia menjelaskan, mejalis hakim menyatakan batal terhadap surat Dinas koperasi nomor : 518/DISKOP-UKM/2020/18, yang ditujukan kepada Menteri Negara Koperasi dan UKM RI cq. Deputi Kelembagaan.

“Majelis hakim juga memerintahkan tergugat untuk mencabut surat kepala dinas koperasi UKM Kabupaten Bengkalis Nomor : 518/DISKOP-UKM/2020/18 itu,” katanya.

Penetapan Nomor :12/PEN/PTS.BHT/2020/PTUN. PBR atas putusan Pengadilan Tinggi TUN Medan Nomor : 217/B/2020/PT.TUN.MDN tanggal 12 Januari 2021 tersebut jelasnya telah berkekuatan hukum tetap, Dalam pertimbangannya, hakim menolak seluruh eksepsi Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis yang mengatakan kepengurusan Ismail sebagai pengurus yang sah.

Serta menegaskan tidak ada penambahan anggota dikoperasi BBDM selain yang tertuang di AKTA 71/BHK/DISKOP/XII/2004 dan bahwa RALB sudah sesuai anggaran dasar dan rumah tangga dengan quorum 60 persen, putusan ini dikuatkan lagi oleh pengadilan Tinggi TUN MEDAN dengan menolak seluruh memori banding Dinas Koperasi UKM Bengkalis, serta membatalkan surat keputusan  no 518/DISKOP-UMK/2020/18 Dan memerintahkan Dinas Koperasi UMKM Bengkalis mencabut surat yang menjadi dasar kepengurusan Ismail dalam melakukan pengikatan SPK dengan PT. Surya Dumai Agrindo (SDA).

“Kami juga meminta PT. SDA mematuhi keputusan hukum ini,” katanya saat ditemui, Jumat. (Jel)

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *