Sabtu , 19 Juni 2021

KPBD Inhu Laksanakan Simulasi Penyelamatan dan Pemadaman

 

INHU (Khabarmetro.com)–  Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021 yang di laksanakan diseluruh Indonesia dengan tema Siap Untuk Selamat, KPBD inhu juga turut mengikuti serta melaksanakan simulasi penyelamatan dan pemadaman di kabupaten indragiri hulu.

Sesuai instruksi dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif pada Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021. “Lakukan evakuasi mandiri menuju tempat aman terdekat serta kenali ancaman bencana di sekitar kita. Pahami resiko bencananya dan tingkatkan budaya sadar bencana agar kita bisa mengurangi korban jiwa serta kerugian harta benda”.

Acara simulasi ini turut dihadiri oleh Sekda inhu Ir H Hendrizal MSi dan kepala KPBD inhu Erguspian SSos beserta jajarannya, bertempat di halaman kantor bupati inhu, senin (26/4/2021).

Dalam arahannya, hendrizal menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras yang selama ini telah dilakukan oleh seluruh personel KPBD maupun Satgas inhu dalam kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana di kabupaten indragiri hulu.

“Kedepan saya berharap agar KPBD inhu bisa mempertahankan kinerja yang sudah terlaksana dengan baik. Mari kita selalu ajak masyarakat untuk terus patuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, untuk menekan angka trend positif di kabupaten indragiri hulu. Terus lakukan koordinasi dan bersinergi bersama kepala desa, camat, satpol pp dan seluruh komponen masyarakat di kabupaten indragiri hulu agar KPBD inhu lebih sigap dan tanggap dalam mengantisipasi serta menanggulangi bencana daerah di kab inhu”, tutupnya.

Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021 ditandai dengan membunyikan secara serentak seperti kentongan, sirine dan lonceng pada tanggal 26 april 2021 jam 10.00 waktu setempat di seluruh Indonesia.

kepala KPBD inhu Erguspian S.Sos saat ditemui mengatakan bahwa saat ini satgas di inhu berjumlah 106 orang, Simulasi Kesiapsiagaan Bencana dilakukan oleh KPBD inhu dengan mengerahkan 3 unit mobil damkar, 1 unit ambulans, 1 unit mobil rescue, 2 unit mobil pick up, dan 4 unit alat SCPA. Adapun simulasi yang dilakukan adalah pemadaman kebakaran di gedung lantai II dan penyelamatan korban kebakaran digedung lantai IV Kantor Bupati inhu.

“Sesuai dengan arahan kepala BNPB masing-masing daerah maupun kabupaten/kota untuk melaksanakan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021 dan kami selaku OPD yang bertanggung jawab di tempat penanggulangan bencana turut mengikuti dan melaksanakan acara ini sebagai upaya untuk kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana di kabupaten indragiri hulu”, terang erguspian. (rls/sym)

Check Also

RS Awal Bros Grup MoU dengan CBS School Of Communications Jakarta

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi foto ki-ka: dr Widya Putri MARS Ketua Regional I RS Awal Bros, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *