Sabtu , 25 September 2021

Ketua Forum Pemred Riau: Wartawan Riau Harus Jaga Profesionalitas dan Taat Kode Etik

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Ketua Forum Pemred Riau, Rahmad Handayani, meminta kepada wartawan, khususnya wartawan media Siber di Riau, supaya tetap menjaga profesionalitas dan tetap pada koridor tugas kewartawanannya, mencari informasi.

“Profesi kita jangan sampai tergadaikan, misalnya karena kesulitan ekonomi, meski kita saat ini memang dihadapkan pada persoalan ekonomi yang melemah oleh kondisi pandemi Covid-19,” kata Rahmad dalam siaran persnya Minggu (18/04/2021).

Hal ini dikatakan Rahmad menyikapi adanya selentingan dan laporan masuk ke Forum Pemred, khususnya di bulan Ramadhan ini, banyak wartawan di lapangan bekerja sudah menyalahi kode etik jurnalistik. Wartawan menekan narasumber dengan mencari-cari kesalahan narasumber, dengan tujuan imbalan sesuatu agar berita tersebut tidak naik.

“Ada juga laporan wartawan sampai mengancam pihak perusahaan atau pun pemerintah, meminta proyek misalnya, ini kan sudah menyalahi kode etik. Apakah ini ulah wartawan atau wartawan gadungan, ini kita harus telusuri juga,” kata Rahmad.

Menurut Rahmad, era tekhnologi dimana membuat media Siber cukup mudah, akhirnya memunculkan wartawan yang bukan wartawan, atau istilahnya wartawan abal-abal. Media mereka pun belum sesuai aturan dari pemerintah. Mereka ini yang sering berulah tapi wartawan profesional kena getahnya.

Karena itu Rahmad mengajak wartawan yang kemudian terjun sebagai pemilik media Siber, seperti yang banyak terjadi di Provinsi Riau, tetap pada jalur profesional mengajukan sebuah kerjasama dengan pihak ketiga.

“Wartawan yang sudah jadi owner media Siber tentu harusnya menjadi ujung tombak menjaga profesionalitas wartawan dengan melepaskan diri dari kewartawanan dan khusus mengurus perusahaan agar wartawannya sejahtera,” kata Rahmad

Salah satu yang ditawarkan Rahmad agar media Siber tumbuh dan hidup adalah dengan membuat program kerjasama dengan pihak ketiga, perusahaan atau pun pemerintah. Seperti mengelola program atau pun advetorial, tentu dilakukan oleh perusahaan media tempat wartawan bernaung.

Rahmad selaku Ketua Forum Pemred Riau (FPR) berpesan kepada seluruh wartawan, terkhusus wartawan media Siber di Riau, bersama-sama menjaga martabat sebagai Wartawan dan jangan sampai tergadaikan.

“Gunakan skill dan kemampuan kita untuk membantu perusahaan tentu boleh, dengan membuat narasumber percaya bahwa media kita profesional dan taat aturan, dengan berita-berita yang memang dicari pembaca. Jika pembaca banyak, rating tinggi, perusahaan akan mudah menjalin kerjasama,” kata Rahmad.

“Akhir kata, Saya mewakili seluruh pengurus Forum Pemred Riau mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1442 H,” tutup Rahmad. (Rls/Km)

Check Also

Riza Damanik, Ketum DPP Iskindo Terpilih Periode 2021-2026

Kongres III Berjalan Lancar Ketum DPP Iskindo Riza Damanik (tiga kanan) usai terpilih pada Kongres …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *