Sabtu , 23 Oktober 2021

Kecuali Meranti, Penambahan Covid-19 Merata di Riau

 

PEKANBARU, (Khabarmetro com)– Hingga kini penambahan angka terkomfirmasi kasus positif Covid-19 masih terus terjadi di provinsi Riau. Bahkan penambahan tersebut juga masih diatas angka 100 hingga 200 kasus.

Menurut data tim Satgas Covid-19 Riau, penambah kasus terkomfirmasi positif tersebut juga merata di kabupaten kota se Riau. Dimana untuk beberapa minggu terakhir ini dari 12 kabaupten kota hanya satu kabupaten kota yang tidak ditemukan kasus terkomfirmasi Covid-19. Yaitu, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sedangkan untuk kasus tertinggi masih berada di kota Pekanbaru yang jumlahnya sudah mencapai angka 10.144 Kasus. Kota Pekanbaru juga merupakan kota tertinggi angka kematian karena Covid-19, yaitu sudah mencapai angka 235 kasus daei 447 kasus kematian se Riau.

Sedangkan untuk tingkat Indonesia, penyebaran Covid-19 di Riau masih berada di posisi Nomor 6 di Indonesia dan masih teratas untuk tingkat Sumatera dengan jumlah kasus diatas angka 21 Ribuan lebih kasus.

Kendati penyebaran kasus posifit Covid-19 di Riau masih berada diurutan atas, namun kabar baiknya untuk tingkat kesembuhan Riau merupakan Provinsi terbesar dan juga teratas untuk tingkat kesembuhan. Dimana untuk tingkat Sumatera, Riau berada di urutan Nomor 1 atau teratas dan Nomor 6 di Indonesia dengan total kesembuhan sebanyak 18.7 ratusan lebih, yang artinya masih seimbang dengan kasus terkomfirmasi positif.

Begitu juga angka kematian Karena Covid-19, Riau juga cukup menurun dibandingkan provinsi lain di Sumatera maupun ditingkat Indonesia, dengan jumlah terakhir lebih kurang sebanyak 470-an kasus.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, untuk perkembangan Covid-19 Riau masih berada di tingkat mengkhawatirkan karena masih terus terjadi penambahan dan hampir merata di seluruh kabuoaten kota di Riau. Sehingga kondisi ini juga bisa menjadi perhatian bagi masyarakat untuk terus waspada dan terus menjaga protokol kesehatan, menerapan 4M serta menjaga pola hidup sehat.

“Apa lagi untuk pasien yang terkomfirmasi positif Covid-19 saat ini masih tinggi pada orang tampa gejala atau OTG yang bisa menjadi acuan bagi masyarakat untuk terus disiplin tegakan protokol kesehatan,” kata Mimi, Senin (7/12) di Pekanbaru.

Mimi menjelaskan, untuk tingkat kesembuhan Covid-19 di Riau, saat ini sudah mencapai angka 88, 89 persen, dengan total diatas 17, 700-san pasien, Isolasi mandiri 9,89 persen, di rawat 8,1 persen dan meninggal sebesar 2,3 persen dengan total akhir sebanyak 447 orang.

“Jadi, meski perkembangan cukup mengkhawatirkan kabar baiknya masih seimbang dengan kesembuhan,” ujarnya.

Lebih jauh kata Mimi, untuk penyebaran Covid-19 di Riau saat ini pemerintah bersama tim Satgas Covid-19 Riau terus menggalakkan kenangan dan melakukan antisipasi penyebaran kepada masyarakat. Dimana sampai saat ini Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah memeriksa spesimen diatas 179.476 spesimen. Dan spesimen tersebut sesuai yang diajukan oleh tim kesehatan maupun tim Satgas Covid-19 dari kesehatan kabupaten kota setiap hari.

“Kita berharap kedepan wabah ini segera diatasi dengan maksimal dan tidak ada warga kita yang menjadi korban Covid-19.
Tambah lagi dalam waktu dekat ini pemerintah akan mendistribusikan vaksin yang diharapkan mampu mencegah penularan Covid-19,” harapnya.(dre)

Check Also

Plh Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Buka Pelatihan Budidaya Ikan Sistem Bioflock

Plh Kadis Peetanian dan  Perikanan Pekanbaru drh H M Firdaus menyampaikan kata sambutan. PEKANBARU (khabarmetro.com)- …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *