Minggu , 26 Juni 2022

4.104 Mahasiswa Berprestasi Terima Beasiswa

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)–  Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau, kembali menyerahkan beasiswa bagi 4.104 mahasiswa berprestasi di seluruh perguruan tinggi di Riau, dan perguruan tinggi dari luar Riau. Yaitu untuk mahasiswa berprestasi Tahfis Quran, dan Bidikmisi.

Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan oleh Sekdaprov Riau, Yan Pran Jaya, Senin (7/12), di Hotel Pekanbaru. Dimana dari beasiswa yang diserahkan tersebut, Universitas Lancang Kuning terbanyak menerima beasiswa yakni sebanyak 752 mahasiswa berprestasi, dan bidikmisi sebanyak 241 mahasiswa. Selanjutnya Universitas Riau, 532 mahasiswa berprestasi, bidikmisi sebanyak 215 mahasiswa. Universitas Islam Negri (UIN) 486 mahasiswa berprestasi, bidikmisi 270 mahasiswa.

Universitas Islam Riau 541 mahasiswa berprestasi, bidikmisi 247 mahasoswa, Universitas Muhammadiyah 267 mahasiswa berprestasi, bidikmisi 240 mahasiswa, dan Politeknik Caltex 230 mahasiswa, dan bidikmisi 73 mahasiswa.

Sedangkan untuk perguruan tinggai nasional dari S2, lanjut ke S3 sebanyak 424 mahasiswa. Universitas Riau sebanyak 51 orang, Intatitut Teknologi Bandung (ITB) 75 mahasiswa, Universitas Gajah Mada (UGM) 92 mahasiswa, Universitas Brawijaya Malang 54 mahasiswa, Institut 11 November 38 mahasiswa, dan Institut Agama Islam 115 mahasiswa.

Penyerahan beasiswa diserahkan oleh Gubernur Riau, yang diwakilkan oleh Sekdaprov Yan Prana Jaya, Kadisdik Riau, Zul Ikram, Asisten I Setdaprov Riau. Dan dihadiri oleh seluruh rektor dan wakil rektor, serta perwakilan mahasiswa penerima beasiswa.

“Ini sebagai bentuk perhatian Pemprov Riau, melalui Disdik, memberikan beasiswa bagi anak-anak Riau yang berpretsasi, untuk memberikan semangat di dunia pendididikan yang penuh persaingan. Jadi anak-anak kita punya semangat dan harapan untuk tetap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” tuturnya.

Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya, juga berpesan kepada mahasiswa agar menyiapkan dirinya dengan meningkatkan kemampuannya terkait blok Rokan yang ada di Provinsi Riau. Pihaknya yakin sumber daya manusia (SDM)  yang baik dan sumber daya alam (SDA) yang besar, Provinsi Riau akan menjadi pusat perhatian di Indonesia maupun internasional. Tambah lagi dalam waktu dekat ini Riau akan menerima penyerahan 3 blok, yaitu Blok Rokan, Blok kampar dan Blok Siak.

“Sekiranya nanti adek- adek mahasiswa harus persiapkan diri hingga nanti kita membuka penerimaan, saya sudah mengatakan kepada direksi Pertamina agar menerima anak anak lokal supaya bisa diterima bekerja disana,” katanya.

Dengan adanya program ini, pihaknya berharap dari SDM dan tenaga kerja dari Provinsi Riau dapat bersaing dan berkompetisi dengan tenaga kerja yang berasal dari Provinsi lain.

Ia juga berharap, segenap elemen masyarakat Riau dan universitas/perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau untuk memberikan sumbangsih terhadap negeri ini dengan hal yang positif untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan meraih kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah menyalurkan beasiswa dari tahun 2014-2020 yang disalurkan kepada mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari keluarga ekonomi yang kurang mampu.

“Jumlah penerima beasiswa pada perguruan tinggi yang melanjutkan dari SMK ke Perkuliahan, S1 melanjutkan jenjang ke S 2, S2 yang melanjutkan ke S3, total penerimaan beasiswa dari APBD murni 2020 sebanyak 4104 orang,” tutupnya.(dre)

Check Also

Buntut Sengketa Lahan, Kelompok Tani Desa Dompas dan Batang Duku Tutup Aktifitas Perusahaan Sawit SDA

BUKIT BATU (khabarmetro.com)- Kelompok Tani Aliansi Desa Dompas bersama Kelompok Tani Batang Duku Kecamatan Bukit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.