Sabtu , 25 September 2021

Hingga Kini Sawit Masih Penopang Hidup Bagi Masyarakat Riau

 

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menghadiri sekaligus memberikan arahan pada acara pelantikan pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Riau Periode 2020-2025, Jumat, (26/3) yang digelar di Mahligai Ballroom Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Wagubri Edy mengatakan bahwa sub sektor perkebunan sawit telah ikut berpartisipasi membangun Provinsi Riau.

“Kami tentu merasa senang sekali pada hari ini mendapatkan kesempatan bertemu dengan bapak ibu sekalian, para pegiat pembangun dari sub sektor perkebunan, yang terbanyak ikut berpartisipasi membangun Provinsi Riau ini,” kata Wagubri Edy, Jumat, (26/3).

Wagubri menuturkan, keramaian yang ada di pelosok daerah di Riau, itu karena adanya kawasanan perkebunan kelapa sawit.

“Dari kawasanan perkebunan yang tempatnya jauh di pelosok daerah dan jauh dari keramaian, banyak kantung-kantung keramaian di pelosok Riau ini, setelah ditelisik ramainya itu adalah karena ada perkebunan dan pubrik kelapa sawit di daerah tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya pembangunan sub sektor perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau yang dilaksanakan selama ini telah membuktikan menjadi sektor andalan dan menopang perekonomian Riau, dengan pertumbuhan tertinggi dibanding sektor-sektor lainnya.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini, sub sektor perkebunan sawit, bahkan harga TBS justru naik pada akhir-akhir ini. Kontribusi ini menurut BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Riau pada tahun 2020 pertumbuhannya hanya mengalami kontraksi ekonomi sebesar minus 1,2 persen. Jika dibandingkan angka nasional yang minus 2,27 persen,” ucap mantan Komanda Korem 031 Wirabima. (dre)

Check Also

Gunakan Vaksin Sinopharm

Ratusan Karyawan PTPN V Sero Sudah Ikuti Vaksinasi PAGARANTAPAHDARUSSALAM (khabarmetro.com) – PTPN V Kebun dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *