Minggu , 16 Mei 2021

Gubri: SPS Riau Harus Mampu Bangun Pers Berkualitas 

Khairul Amri Resmi Pimpin SPS Riau

Sekreatris Jenderal SPS Pusat, Asmono Wikan kanan  melantik pengurus SPS Riau, Jumat (9/4).

PEKANBARU (khabarmetro.com)–Gubernur Riau, H Syamsuar juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Ketua SPS Riau Khairul  Amri dan pengurus SPS Riau masa bakti 2021-2025. Dengan pelantikan ini, SPS diharapkan mampu membangun bidang Pers yang berkualitas dan berkeadilan di era melenium.  “Saat ini perusahaan Pers dihadapkan dengan perubahan teknologi. Inovasi tiada henti, artinya kalau inovasi berhenti maka perusahaan Pers mati karena perubahan teknologi saat ini begitu cepat,” ujarnya pada acara pelantikan pengurus SPS Riau, Jumat (9/4).

Oleh sebab itu, perusahaan Pers juga harus menyesuaikan dengan perubahan teknologi saat ini. Perusahaan Pers juga dituntut harus bergerak berinovasi agar tetap dapat eksis di tengah masyarakat.

Ia tak menampik, kondisi saat ini membuat perusahaan Pers kesulitan. Namun, pemerintah provinsi berupaya membantu dan memberi perhatian terhadap perusahaan Pers di Riau, agar menjadi mitra kerja sebagai penyambung lidah kepada masyarakat

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, Asmono Wikan, resmi melantik pengurus SPS Provinsi Riau periode 2021- 2025, di Gedung Daerah Riau, Balai Pauh Janggi, Jumat (9/4/2021) siang.  Khairul Amri terpilih sebagai Ketua SPS Riau memimpin empat tahun kedepan, menggantikan Ketua sebelumnya Zulmansyah Sekedang.

Dengan telah dilantiknya pengurus yang baru dapat membawa SPS Riau lebih maju kedepannya.  Kondisi pandemi Covid-19 saat ini membuat semua sektor terdampak. Hal ini juga berdampak pada perusahaan media. Namun, media juga dituntut harus melakukan inovasi agar dapat keluar dari kesulitan.  “Harus ada semangat dan inovasi untuk bergerak dalam kondisi saat ini. Upaya membangun kolaborasi dengan pemangku kepentingan,” katanya.

Di masa sesulit apapun, lanjut Asmono, Pers harus tetap menjadi salah satu pilar utama dalam kehidupan. Bahwa fungsi Pers sendiri menginformasikan, mendidik, kontrol sosial, dan hiburan.  “Sampai hari ini kita terus mengupayakan keempat fungsi Pers ini berjalan dengan baik. Dengan adanya pandemi ada kesulitan iya kita akui. Tapi fungsi Pers tetap kita upayakan baik,” jelasnya.

Khairul Amri yang juga merupakan GM Pekanbaru Pos Group mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau, H Syamsuar yang meyempatkan diri untuk hadir dalam pelantikan ini.  Ia mengatakan, pelantikan ini merupakan seremonial saja. Karena pelantikan pengurus telah dilakukan sebelumnya secara virtual pada pertengahan Februari 2021 kemarin.

SPS sendiri merupakan himpunan para pimpinan media yang ada di Provinsi Riau, baik cetak maupun elektronik. Menurutnya media yang bergabung dengan SPS sudah mencapai ratusan.  “Kita SPS hadir dan optimis dalam kondisi saat ini. Kreativitas kita tidak boleh mati. Di dalam kesempitan pasti ada kelapangan. Walaupun kondisi Covid ini kita berharap media dapat semangat dan eksis,” terangnya.

Namun, salah satu kunci agar media dapat eksis adalah dukungan dari pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota sebagai mitra, maka media di Provinsi Riau ini akan dapat maju dan berkembang. (aby)

 

Check Also

Dalam Satu Malam, Polsek Batang Cenaku Ciduk 3 Pengedar Sabu

  BATANGCENAKU (Khabarmetro.com)– Polres Indragiri Hulu (Inhu) melalui Polsek Batang Cenaku mengamankan 3 tersangka pengedar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *