Sabtu , 19 Juni 2021

Gubri Pimpin Apel dan Ingatkan Waspada Bencana, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

PEKANBARU (Khabarmetro.com)– Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan, berdasarkan BMKG bahwa Riau sudah memasuki musim hujan pada bulan November yang mana ini adalah puncak musim hujan.

“BMKG juga memperkirakan fenomena La Nina pada tahun ini akan meningkatkan intensitas hujan,” terangnya usai pimpin apel siap siaga bencana, Senin (9/11) di halaman Kantor Gubernur Riau.

Oleh karena itu, harus segera ditindaklanjuti untuk siaga dan waspada terhadap ancaman bencana alam yang akan terjadi tahun ini harus dilakukan dengan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19.

Upaya mitigasi bencana juga perlu dipersiapkan dengan matang oleh pihak terkait, yang mana hal ini bertujuan untuk menekan penularan Covid-19 di lokasi bencana dan pengungsian.

Kemudian Gubri juga berpesan, petugas harus disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan melaksanakan 4 M yaitu, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dan menghindarkan diri dari kerumunan.
Di samping itu Gubri mengingatkan kepada petugas, kepada korban bencana atau pengungsi untuk mematuhi protokol kesehatan karena protokol Kesehatan merupakan langkah yang penting untuk melindungi diri kita dan orang-orang terdekat dari Covid-19.

Hal ini, dapat berdampak terhadap potensi penularan Covid-19 serta penyakit menular lainnya jika kita dituntut untuk menyiapkan lokasi pengungsian yang menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dipastikan masyarakat mendapatkan masker cadangan, peralatan makan dan tempat evakuasi yang dirancang untuk menjaga jarak pengungsi dan harus ada petugas kesehatan di sekitar pengungsian.

“Khusus wilayah yang rawan bencana agar segera disiapkan segala peralatan dan fasilitas sesuai dengan protokol kesehatan,” terang Gubri.

Dalam melaksanakan tugas, penyelenggaraan penanggulangan bencana yang tidak dapat dianggap ringan ini tentunya diperlukan kerjasama bahu-membahu dari seluruh aparat.
“Penanggulangan bencana harus diantisipasi diharapkan dengan adanya dukungan dan kesiapan aparatur tugas dan tanggung jawab tersebut dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (dre)

Check Also

RS Awal Bros Grup MoU dengan CBS School Of Communications Jakarta

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi foto ki-ka: dr Widya Putri MARS Ketua Regional I RS Awal Bros, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *