Minggu , 26 Juni 2022

FKIP-UIR Gelar Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran di SMA Negeri 16 Pekanbaru

Foto Bersama Guru, Kepala SMA Negeri  16 Pekanbaru dan Narasumber

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com)– Sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam membuat konten pembelajaran daring di SMA Negeri 16 Pekanbaru, Prodi Pendidikan Kimia FKIP-UIR, yang diwakili dosen dan mahasiswa, Rabu (17/3) melakukan program pengabdian masyarakat berupa Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran dengan menggunakan software Camtasia Studio. Kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu mengatasi kesulitan yang diahadapi oleh guru-guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19.

Kegiatan pelatihan ini ditaja oleh Prodi Pendidikan kimia yang diwakili dosen yaitu: Asyti Febliza, M.Pd dengan anggota tim dosen yaitu, Oktariani, M.Pd dan mahasiswa Yolanda Eka Putri. Dalam kegiatan pelatihan ini, pihak sekolah tetap menerapkan protokol Kesehatan dengan mewajibkan peserta pelatihan dalam hal ini guru untuk menggunakan masker, memakai hand sanitizer sebelum memasuki ruangan pelatihan dan memastikan guru-guru dalam keadaan sehat.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2021 dimana kegiatan pelatihan ini diawali dengan pembukaan acara oleh Kepala SMA Negeri 16 Pekanbaru yaitu: Bapak Nurizal, S.Pd, beliau membuka acara dan memberikan sambutannya, dalam sambutannya beliau mengungkapkan

“Kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran ini diharapkan dapat menjadikan guru lebih professional dan lebih hebat dalam melaksanakan pembelajaran daring, serta siswa menjadi lebih paham dengan materi yang disampaikan oleh guru selama kegiatan belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Setelah Kepala SMA Negeri 16 Pekanbaru meresmikan kegiatan pelatihan ini, selanjutnya kegiatan inti dilaksanakan yaitu dengan pemberian materi pelatihan oleh Narasumber dari Universitas Negeri Padang yaitu: Dr. Zul Afdal, M.Pd. Dalam kegiatan pelatihan Dr. Zul Afdal, M.Pd memberikan materi pelatihan berupa pengenalan konsep media pembelajaran, instalasi software Camtasia studio dan pengenalan tool serta fitur Camtasia lengkap dengan fungsinya. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan video pembelajaran yang dipandu oleh Asyti Febliza, M.Pd yang juga bertindak sebagai narasumber.

Dalam kegiatan praktik ini 3 orang guru satu persatu dibimbing praktik secara langung dalam merekam video, mengedit, serta mempublish dan ekspor video hingga menjadi MP4, dimana guru-guru lainnya memperhatikan dan mempraktikkan dari mejanya masing-masing. Selanjutnya, guru-guru peserta pelatihan mendapatkan tugas untuk menyelesaikan video nya secara mandiri di rumah dan mengumpulkan video yang telah dibuatnya kepada Wakil Kepala bagian Kurikulum yaitu: Raudhotul Hasanah, S.Sn sebagai bentuk komitmen dalam melaksanakan kegiatan pelatihan.

Selama kegiatan pelatihan guru-guru terlihat antusias dan mereka berharap setelah ini dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam menyajikan materi pada saat pandemi Covid-19 ini. (rls)

Check Also

Gubri Syamsuar Diberi Gelar “Bapak Inspiratif” Pelaporan LHKPN oleh KPK RI

Sebanyak 13 Kali Berturut-turut Laporkan Sebelum batas Waktu Gubri Syamsuar (kanan) menyerahkan cinderamata kepada Kepala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.