Sabtu , 31 Juli 2021

Tim PKM Dharma Bakti FKIP UIR Lakukan Edukasi ke Panti Asuhan Hikmah

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com)– Sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), dosen beserta mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UIR, Jumat (12/3) menggelar kegiatan pengabdian berupa edukasi kepada masyarakat, antara lain Ketua Prodi Pendidikan Kimia FKIP UIR Oktariani, MPd dan dibantu rekan dosen lainnya yaitu: Asyti Febliza, M.Pd dan dua orang mahasiswa Pendidikan Kimia.

Adapun sosialiasasi dan edukasi yang dilakukan mengangkat tema tentang Pola Hidup 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) dan personal hygiene bagi anak-anak untuk menghadapi Pandemi Covid-19. Edukasi dilakukan dengan menggunakan prinsip pemberian informasi melalui proses mendengar, mengetahui, mencoba, dan menerima serta meyakini sehingga akhirnya dilaksanakan dan diterapkan sendiri oleh anak-anak tersebut. Dengan mengadopsi prinsip ini, maka penyampaian sosialisasi kepada mitra dilakukan melalui presentasi, simulasi dan diskusi secara langsung sehingga seluruh warga di Panti Asuhan akan mendapatkan penjelasan tentang Covid 19.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan lancar dan disambut antusias oleh Warga Panti Asuhan Hikmah. Hal ini ditandai dengan adanya sambutan yang baik,ramah dan antusias dari pihak panti. Pihak panti asuhan berharap kegiatan ini tidak hanya kali ini saja tapi bisa dilanjutkan ke kegiatan-kegiatan edukasi lainnya dan dijadikan sebagai kegiatan rutin.

Sedangkan tema yang dipilih juga merupakan tema yang sangat dibutuhkan terutama oleh anak- anak di panti asuhan hikmah di masa pandemi Covid-19 ini.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengetahuan anak-anak Panti Asuhan Hikmah tentang 3M dan personal hygiene diharapkan anak-anak di Panti Asuhan Hikmah akan bertambah dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan dapat mencegah penularan virus Covid-19 dan dapat beraktivitas dengan perasaan tenang dan nyaman. ”Dalam Kegiatan ini juga sekaligus diserahkan bantuan berupa masker dan sabun cuci tangan agar dapat digunakan oleh seluruh warga panti asuhan,” papar Oktariani. (rls)

Check Also

Pengabdian Masyarakat Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan ibu dan Balita di Posyandu Senyum Balita Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru

PEKANBARU – Tiga orang tim dosen dan tiga orang tim mahasiswa STIKes Al Insyirah Pekanbaru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *