Minggu , 16 Mei 2021

Covid-19: Masyarakat Tak Lagi Diminta Periksakan Diri

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Kepedulian masyarakat di Riau akan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 terus mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat untuk melakukan pendeteksian sendiri penyebaran Covid-19 pada rumah sakit maupun fasilitas yang disiapkan pemerintah.

Artinya, saat ini masyarakat tidak lagi menunggu tracking kontak atau himbauan dari Pemerintah maupun tim Satgas Covid-19, tapi sudah merupakan kesadaran sendiri takut terkomfirmasi Covid-19.

Kesadaran masyarakat tersebut, juga menimbang kondisi Covid-19 di Riau saat ini yang belum ada tanda-tanda menunjukan akan berakhir. Bahkan masih menunjukan peningkatan yang jumlahnya masih diatas seratusan setiap hari yang kembali menimbulkan kekhawatiran kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan salah seorang warga Kota Pekanbaru, Riau, Hj Nurhayati. Dikatakannya jika penyebaran Covid-19 ini juga masih merata di seluruh wilayah di Riau yang membuat ia juga khawatir tertular Covid-19. Apa lagi saat ini pasien terkomfirmasi positif Covid-19 lebih besar pada orang tampa gejala OTG yang tidak menunjukan sakit. Untuk itu ketika merasakan sesuatu terhadap kondisi tubuhnya ia lansung melakukan pengecekan pada rumah sakit meskipun sebelumnya tidak merasa berkontak dengan pasien terkomfirmasi positif Covid-19.

“Saya jadi takut, apa lagi saya lihat orang yang terkomfirmasi malahan tak nampak gejala-gejalanya. Maka itu saya periksa sendiri buar bisa tenang,” katanya Senin (23/11).

Ia mengatakan, pengecekan Covid-19 tersebut lansung untuk lakukan tes swab dimana sebelumnya ia juga sudah pernah melakukan rapid tes. Hanya saja karena rapid tes katanya belum bisa mendeteksi sempurna ia melakukan tes swab di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru yang hasilnya negatif.

“Alhamdulillah, hasilnya negatif saya juga merasa nyaman dan tidak khawatir lagi,” tuturnya.

Untuk tes swab ini, ia mengaku harganya memang masih cukup tinggi untuk masyarakat, untuk itu ia menyarankan kembali di subsidi oleh pemerintah. Sehingga terjangkau oleh masyarakat dan masyarakat pun bisa cepat tanggap untuk penularan Covid-19.

“Kalau tes swab ini harganya terjangkau pasti masyarakat akan lebih antusias lagi periksa sendiri,” harapnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, juga mengakui jika keinginan masyarakat untuk pemeriksaan diri terkait Covid-19 juga sudah meningkat. Hal itu juga terlihat dari pengajuan sampel swab dari rumah sakit maupun Dinas Kesehatan berbagai kabupaten kota di Riau yang terus meningkat setiap hari.

“Sesuai data Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, saat ini pemeriksaan spesimen sudah mencapai angka 164 ribuan lebih. Dan itu masih ada yang baru masuk dan belum dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Kesadaran masyarakat berkeinginan memeriksakan sendiri terkait Covid-19 ini, katanya sangat bagus, karena sengat membantu kepada pemerintah maupun tim Satgas Covid-19 dalam kenangan Covid-19 di Riau.

“Kita juga sangat mengapresiasi antusias masyarakat ini. Kita harap meningkatnya kesadaran masyarakat ini Covid-19 segera berakhir di Riau,” tutur Mimi.

Sementara, Gubernur Riau, H Syamsuar sebelumnya juga menyampaikan, jika untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 ini seluruh daerah terus menggalakan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). Sehingga pendeteksian masyarakat terkomfirmasi Covid-19 bisa terdeteksi dengan cepat.

“Jika terdeteksi dengan cepat maka penangananyapun bisa dilakukan dengan cepat,” kata gubri.

Jika 3T ini terus digalakkan tambahnya, Insyaallah, penanganan Covid-19 di Riau bisa ditangani dengan maksimal. “Kita juga sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat yang terus antusias untuk pengecekan Covid-19. Mudah-mudahan dalam waktu cepat kita segera bebas dari Covid-19 dan kembali normal seperti sebelumnya,” tutur mantan Bupati Siak ini. (dre)

Check Also

Dalam Satu Malam, Polsek Batang Cenaku Ciduk 3 Pengedar Sabu

  BATANGCENAKU (Khabarmetro.com)– Polres Indragiri Hulu (Inhu) melalui Polsek Batang Cenaku mengamankan 3 tersangka pengedar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *