Minggu , 1 Agustus 2021

Camat Pangkalan Kerinci Serahkan Piala Bergilir ke Bupati Harris

Bupati:   Budaya Tabayyun Harus Dilestarikan

Bupati Harris ketika menerima piala bergilir dari camat Pangkalan Kerinci

PANGKALANKERINCI (khabarmetro.com)-Kendati ditengah pandemi Covid-19, tidak menghalangi dilaksanakannya kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX Tingkat Kabupaten Pelalawan Tahun 2020. Kegiatan yang diresmikan langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris ini berlangsung selama 9 hari (3-11 Nopember) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja Pangkalan Kerinci.

Banyak pesan penting yang disampaikan pejabat nomor satu di Kabupaten Pelalawan ini. Salah satunya, pentingnya membudayakan budaya Tabayyun atau menyeleksi informasi yang terus berkembang, seiring kemajuan teknologi informasi saat ini.

‘’ Islam mengajarkan budaya tabayyun atau upaya menyeleksi informasi dari sumbernya. Inilah budaya yang harus kita kembangkan. Karena, sekali informasi yang memuat kebohongan kita bagikan dan itu diyakini sebagai sebuah kebenaran diterima masyarakat maka dapat kita bayangkan dampak yang mungkin timbul oleh informasi tersebut,’’ungkap Bupati menyikapi kebebasan informasi yang dinilai sangat minim filter atau tabayyun.

Pada pembukaan MTQ ke XIX yang semula dijadwalkan di Kecamatan Ukui, namun terpaksa disepakati pindah ke ibu kota Kabupaten Pelalawan Pangkalan Kerinci, karena pandemi Covid-19, Bupati mengatakan, bahwa kemajuan yang tidak diimbangi dengan pembangunan moral dan budi pekerti agama kelak akan merusak kemajuan itu sendiri.

‘’Agama sebagai sumber ajaran moral dan budi pekerti akan menjadi solusi atas semua orang. Para pemimpin agama dan orang-orang tua dalam menyiapkan generasi muda yang agamis dan Qurani,’’paparnya.

Helat MTQ yang juga dihadiri Anggota DPRD RI Syahrul Aidi Maazat, Kepala Kanwil Provinsi Riau H Mahyuddin, Bupati menyebutkan kemajuan teknologi informasi telah merubah dan mempengaruhi kehidupan sosial di tengah masyarakat.

‘’Pada satu sisi kemajuan ini memudahkan masyarakat mengakses informasi sekaligus membagikannya kembali ke kelompok-kelompok masyarakat lain, hingga pada semua tingkatan dan pemerintah tentulah harus mampu mengikuti arus perkembangan ini jika tidak ingin ketinggalan,’’terang Harris.

Sayangnya lanjut mantan Ketua DPRD Pelalawan dua periode ini, kemudahan akses tersebut belum diimbangi dengan kemampuan memilih dan memilah informasi apa saja yang bisa terima dan dibagikan kepada kelompok lain sehingga sulit untuk dibedakan yang mana informasi yang benar dan mana yang berita yang bohong atau hoak. ‘’Maka itulah pentingnya budaya tabayyun seperti diajarkan Islam,’’bebernya.

Terkait pelaksanaan MTQ sebut Bupati Pelalawan ini, MTQ bukan hanya ajang berkompetensi dalam ajang membaca, menulis, menghafal Al Quran dan segala jenis perlombaan lainnya. ‘’Tetapi juga merupakan ajang silaturrahmi antar ummat Islam dari pelosok negeri. Jauh lebih penting dari itu mari kita jadikan MTQ sebagai momen membangun masyarakat, pemahaman akan kesempurnaan Kitab Suci Al Quran,’’katanya.

Dilanjutkan bupati, tema MTQ tahun ini adalah mewujudkan masyarakat dalam mendukung pembangunan yang inovasi menuju Pelalawan Emas. ‘’Tema ini sejalan dengan visi dan misi saya dalam memimpin Kabupaten Pelalawan agar masyarakat senantiasa menjadikan nilai-nilai agama yang dianutnya sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari,’’terangnya.

Bukankah penyelenggaraan MTQ ke-19 ini sambung Bupati, menjelaskan kepada semua bahwa dengan inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi tetap bisa melaksanakan MTQ sekalipun dengan melakukan penyesuaian di sana-sini mengikuti peraturan kesehatan.

‘’Inovasi membentu masyarakat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap aspek pembangunan,’’papar Harris.

Kesempatan yang sama, Piala Bergilir MTQ yang semula dipegang oleh Kecamatan Pangkalan Kerinci diserahkan langsung oleh Camat Dodi Asma Putra kepada Bupati Pelalawan HM Harris.(amr)

Check Also

BEBUAL SAMBIL NGOlah Pikiran yang ditajah oleh Kwarran Binawidya Pekanbaru

Pekanbaru (khabarmetro.com ) – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Binawidya pada Jumat 30/07/2021 melalui Dewan Kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *