Sabtu , 18 September 2021

Bulan Ramadan Aturan Kesehatan Diperketat

 

 

PASIRPENGARAIAN, (Khabarmetro.com)– Meminta masukan dari seluruh stakeholder dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Polres dan Pemkab Rohul menggelar Rapat Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektor Satgas Covid-19, dengan tujuan untuk menekan Penyebaran Covid-19.

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman meminta seluruh elemen  untuk memberlakukan dan mengaktifkan Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan pelaksanaan kegiatan keagamaan dan Ibadah selama bulan Ramadhan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Pernyataan itu ditegaskan Bupati Rohul H. Sukiman  saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektor Satgas Covid-19 dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Selasa (30/3), di Rupatama Mako Polres Rohul.

Dalam Rakor Lintas Seketor itu, tampak juga dihadiri Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Plt Asisten 1 Erfan Dedi Sanjaya SSTP, Danramil 02 Rambah Kapten Inf Kasmir, Kasi Datun PN Rohul Wikan Adrilz, Kadiskes Rohul dr Bambang, Dirut RSUD Rohul dr Novil, Camat Rambah Arie Gunadi, Camat Rambah Hilir Adi Irawan, Camat Rambah Samo,

Selain itu, Perwakilan Kemenag Rohul Martilevi Saleh, Kadis Sosial Rohul Sri Mulyati, Kasatpol PP Ridarmanto, Kasi Ops Kabupaten Rohu Samsurial, Hakim PN Pasir Pengaraian Nopelita Sembiring, Pendeta HKBP Pasir Pengaraian Pdt Bachtiar Gultom S .Th dan lainnya.

Instruksi Bupati Rohul dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di Bulan Ramadhan itu juga tertuang dalam Surat Edaran Bupati Rohul Nomor : 850/SETDA-UM/22.05 tentang Pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan Tahun 1442 H Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Rohul.

Bupati Rohul H. Sukiman mengaku penerapan Prokes Covid-19 selama bulan Ramadhan ini dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 sebagai upaya bersama memutus rantai penyebaran Covid-19 pada Bulan Suci Ramadhan.

“Meskipun Kasus Covid-19 di Rohul sudah relatif menurun, tapi perlu kita buat sebuah kebijakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dengan melaksanakan Prokes. Untuk itu saya meminta kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk dapat melakukan inventarisasi Rencana Pasar Ramadhan diwilayah masing-masing,” pintanya

Lanjut Bupati H. Sukiman, diperlukan juga melakukan penataan Pasar Ramadhan diwilayah masing-masing sesuai dengan Prokes Covid-19. Untuk kegiatan menyambut Bulan Suci Ramadhan seperti Bolimau Kasai atau nama lainnya, yang bersifat menimbulkan kerumunan dan keramaian agar tidak dilaksanakan.

Dalam Pelaksanaan Shalat Tarawih dan Witir, Mantan Dandim Inhil ini juga berharap masing-masing Mesjid/Mushalla agar membuat sarana untuk Prokes Covid-19, seperti menyiapkan tempat mencuci tangan dan sabun dihalaman Mesjid, Memakai Masker bagi Jamaah, Memberi tanda jarak shaf jama’ah dan membawa sajadah dari rumah masing-masing,

“Sementara untuk ceramah agama/santapan rohani Ramadhan (Kultum) agar dipersingkat dengan memasukkan materi ceramah tentang Prokes Covid-19 dan Vaksinasi, karena dengan adanya edukasi dan sosialisasi ini, agar masyarakat tidak takut untuk divaksinasi dan mendukung Program Nasional ini,” harapnya

Bupati H. Sukiman juga meminta seluruh elemen dan komponen masyarakat untuk memberlakukan dan mengaktifkan PPKM di Desa/Keluruhan dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, RW RT, TP PKK, Posyandu, Tokoh masyarakat tokoh agama dan Tokoh masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH mengatakan bahwa Rapat ini sangatlah penting dikarenakan bulan suci Ramadhan tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid- 19.

“Perlu juga ada beberapa poin yang kebijakan terkait kegiatan ibadah di Bulan Ramadhan, pasar Ramadhan,” ujarnya

“Kemudian program vaksinasi di Kabupaten Rohul serta ketersediaan bahan pokok selama bulan Ramadhan di wilayah Rohul,” pungkas AKBP Taufiq Lukman

Kemudian, Mewakili Ketua DPRD Rohul, Ketua Komisi III DPRD Rohul Aly Imran mendukung kebijakan Bupati Rohul dan Polres Rohul untuk memperketat penerapan Prokes selama bulan suci Ramadhan.

“Ini memang pekerjaan berat tapi sangat penting diterapkan Prokes seperti pasar Ramadhan, kegiatan ibadah agar di lengkapi  fasilitas Prokes. Kami juga mengapresiasi langkah Kapolres melaksanakan shalat subuh berjamah, sebagai langkah memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya

“Serta Himbauan Prokes itu sangat penting, berharap doa kita semua dibulan Ramadhan mendatang agar Wabah ini segera pergi dari Negeri Seribu Suluk ini,” harapnya.(sal)

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *