Sabtu , 27 November 2021

BPS Inhu Lakukan Survei Untuk Menunjang Kinerja Pemerintah

Ikuti Video Cinfrence Rilis Data Sensus Penduduk Tahun 2020 Provinsi Riau

 

INHU, (Khabarmetro.com)– Badan Pusat Statistik (BPS) Inhu mengatakan Meskipun pada saat ini sensus penduduk baru lakukan satu kali, tetapi pihak BPS INHU tetap melakukan survei berkelanjutan untuk data strategi pemerintah, hal ini disampaikan oleh pihak BPS Inhu Marsudi saat ditemui langsung ketika mengikuti rilis bersama Sensus Penduduk 2020 se-Provinsi Riau (Kamis, 21-01-2020), di Kantor Bupati Indragiri Hulu.

Marsudi menjelaskan sudah menyiapkan metode-metode pengumpulan data selama masa pandemi saat ini, pihak BPS masih memakai sistem online dan jika memungkinkan metode selanjutnya memakai teknik wawancara tapi dengan proses yang sangat ketat sesuai dengan protokol kesehatan.

“saat pandemi ini pihak kita menggunakan dua metode pendataan yaitu secara online dan wawancara, kadang jika online mengalami kendala kita pakai metode wawancara terjun langsung kelapangan.” Marsudi menjelaskan.
“sensus penduduk inikan dilakukan pada tahun genap, jadi kita baru satu kali melakukan sensus penduduk. Tapi pihaknya selalu melakukan survei berkelanjutan untuk menunjang kinerja pemerintah” tutupnya.

Sementara itu acara Rilis Data Sensus Penduduk 2020 se-provinsi Riau diadakan oleh Badan pusat statistik (BPS) Provinsi Riau dengan melakukan video conference ini juga membahas data administrasi kependudukan (Adminduk) 2020 menuju satu data kependudukan indonesia.

Sensus penduduk pada tahun 2020 ini adalah sensus penduduk pertama yang memanfaatkan data administrasi kependudukan (adminduk) dari direktorat jenderal kependudukan dan pencatatan sipil (ditjen Dukcapil) kementerian dalam negeri (kemendagri) sebagai data dasarnya.

Perubahan mendasar dari SP2020 dengan sensus penduduk yang lalu, yaitu metode pengumpulan data yang pada saat sekarang telah melalui sistem online. Hasil SP2020 selama 2010-2020 lajunya pertumbuhan penduduk provinsi riau sebanyak 1.40 persen, yang didominasi oleh penduduk laki-laki dibanding penduduk perempuan.

Hal ini disampaikan langsung oleh kepala BPS provinsi Riau Drs. Misfaruddin, M.Si.
“diliat dari hasil SP2020 selama selang waktu 10 tahun, jumlah penduduk di provinsi Riau mengalami peningkatan baik penduduk yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan” ujarnya. (Sym)

Check Also

Promo Canvasing Kota Bertuah, Yamaha Gear 125

PEKANBARU (khabarmetro.com) – PT Alfa Scorpii Yamaha berikan program khusus bagi penggila motor ternyaman yaitu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *