Sabtu , 18 September 2021

Awas, Bawaslu dan Polda Riau Bakal Razia Besar-besaran

 

 

PEKANBARU (khabarmetro.com)- Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak sudah semakin dekat. Maka dari itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau beserta jajaran semakin mengencangkan intensitas pengawasan memasuki minggu tenang.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, Selasa (1/12) menjelaskan, pihaknya melakukan patroli bersama Polda Riau beserta jajaran dalam mengawasi praktik politik uang. Patroli akan dimulai tanggal 2 Desember sampai dengan hari pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020.

“Rencana Patroli berskala besar ini berdasarkan permohonan kami kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. Melalui surat dengan nomor 081/PM.00.05/K/XI/2020 tanggal 26 November 2020 tentang permohonan kerjasama pelaksanaan razia dan patroli money politik dengan tujuan agar terciptanya situasi dan kondisi yang kondusif,” ungkap Rusidi.

Ia menambahkan, pelaksanaan patroli berskala besar tersebut akan melibatkan organisasi masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), serta elemen masyarakat lainnya dalam rangka antisipasi terjadinya gangguan keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas), mencegah terjadinya money politik maupun tindak pidana lainnya.

Patroli berskala besar serentak akan dilakukan di masing-masing Markas kepolisian (Mapolres/Mapolsek) 9 kabupaten/kota. Nantinya, lanjut Rusidi, akan dimulai dengan kegiatan deklarasi masyarakat peduli Pemilu anti money politik serta pelepasan tim patroli dengan mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten/kota, Ketua KPU, Anggota Polri dan TNI, OKP/Ormas, Tokoh Masayarakat, Tokoh Agama serta Tokoh Adat.

“Sasaran patroli berskala besar adalah kendaraan pribadi, angkutan orang/umum, maupun angkutan barang/jasa, secara selektif yang diduga membawa barang ataupun uang yang akan digunakan untuk money politik,” tambahnya.

Disamping melakukan patroli, juga akan dibuka Posko Pengaduan Anti Money Politik. Posko didirikan oleh Pengawas Kecamatan bekerjasama dengan Pengawas Desa/Kelurahan dan Pengawas TPS.

Lokasi-lokasi Posko akan didirikan di sekitar TPS maupun lokasi-lokasi strategis lainnya. Patroli akan menggunakan kendaraan bermotor yang telah di pasang spanduk maupun stiker “ Tim Patroli Money Politik” di kendaraan dinas Bawaslu Kabupaten/Kota. Kegiatan akan dilakukan secara rutin mulai H-7 sampai dengan hari pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020. (rpg)

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *