Rabu , 14 April 2021

Ahli Epidemiologi Riau Apresiasi Upaya Pemerintah Tangani Covid-19

PEKANBARU (Khabarmetro.com)– Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan, apresiasi upaya pemerintah dan tim penanganan Covid 19 se-Provinsi Riau tangan ni Covid 19 di Riau. Pasalnya, upaya yang dilakukan selama ini telah membuahkan hasil cukup baik sesuai penurunan dan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 yang terus meningkat.

Dikatakannya, jika keberhasilan pemerintah dan tim Covid 19 tersebut juga terlihat dari beberapa kondisi daerah di Riau saat ini yang sudah masuk zona orange dan tidak lagi zona merah Covid-19. Salah satunya ibu kota Provinsi Riau yaitu Kota Pekanbaru yang sebelumnya merupakan daerah tertinggi penyebaran Covid-19.

“Untuk itu kita sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah maupun petugas Covid-19 selama ini yang terus berjuang mengantisipasi maupun menekan terhadap penyebaran Covid-19,” katanya.

Ia menjelaskan, membaiknya perkembangan penyebaran Covid-19 ini mulai terlihat dari beberapa minggu belakangan ini. Dimana tingkat kesembuhan terus meningkat yang jumlahnya mulai mengimbangi tingkat penularan yang hampir setiap hari ada pasien yang sembuh dan di pulangkan.

Ia juga menegaskan, jika mulai membaiknya penanganan Covid 19 di Riau juga tidak lupa dari peran masyarakat yang mau mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid 19. Yaitu dengan disiplin menegakan protokol kesehatan dan menerapkan 3M sesuai yang dihimbaukan pemerintah selama ini. Sehingga kedepan hal ini bisa terus ditingkatkan dan pandemi Covid-19 di Riau bisa ditangani dengan maksimal dan segera berlalu di Riau.

“Artinya, saat ini dalam menghadapi Covid 19 kesadaran masyarakat kita semakin meningkat. Kita harap hal ini terus meningkat agar pandemi Covid-19 bisa teratasi dengan maksimal dan kehidupan kembali normal seperti sebelumnya,” harapnya.

Ditempat lain hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yunani Nazir. Dimana ia juga mengatakan sangat mengapresiasi konsistensi masyarakat dalam menegakan protokol kesehatan maupun menerapkan himbauan penerapan 3M. Sehingga konsistensi itu terus ditingkatkan sampai pandemi Covid-19 betul-betul bisa diatasi dengan baik sesuai harapan.

“Konsistensi masyarakat dalam disiplin menegakan protokol kesehatan ini juga merupakan salah satu dukungan dan kunci bagi pemerintah untuk menuntaskan pandemi Covid-19 di daerah. Maka itu kita harap masyarakat terus pertahankan dan tingkatkan disiplin ini,” harapnya.

Mimi juga menambahkan, untuk perkembangan Covid 19 di Riau saat ini, setiap hari terus menunjukan kebaikan. Hal juga itu terlihat dari tingkat kesembuhan yang terus meningkat dan juga penyebaran yang secara angka persenan terus mulai menurun.

“Hal itu juga sesuai dengan laporan yang kita terima dari seluruh kabupaten kota di Riau yang penurunannya cukup baik. Muda-mudahan kedepan hal ini terus membaik,” tuturnya.

Sementara terkait spesimen swab yang diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Mimi menjelaskan untuk saat ini jumlah spesimen yang masuk dari Kabupaten kota hasilnya juga tidak seperti sebelumnya, dimana dari spesimen yang diperiksa hasilnya juga banyak yang negatif. Termasuk spesimen pasien dirawat yang menunjukan negatif dan masuk tahap kesembuhan.

“Sampai saat ini spesimen swab yang telah diperiksa laboratorium kita sudah mencapai angka 152 ribuan sampel, dan hasilnya sudah cukup baik dan banyak yang negatif dan sudah negatif dari pasien yang positif,” tutupnya. (dre)

Check Also

Ekspedisi Seroja Hadirkan Secercah Tawa di Tengah Bencana

  WAINGAPU (Khabarmetro.com)–  Curah hujan tinggi dan badai siklon Seroja pada 6 April 2021 lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *