Sabtu , 17 April 2021

Danrem 031/WB : FPK Berperan Menjaga Keutuhan NKRI

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan harapkan
Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau memiliki tanggung jawab menjaga keutuhan NKRI.

Hal tersebut disampaikan Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, saat menjadi narasumber pada seminar penguatan nilai-nilai kebangsaan yang diselenggarakan FPK Provinsi Riau, Senin (7/12) di Hotel Grand Jatra Pekanbaru. Dikatakannya, jika memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan NKRI itu sesuai peran FPK sebagai salah satu elemen bangsa, yang juga harus bisa menjalankan fungsi secara efektif serta bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa di Indonesia. Khususnya di Provinsi Riau.

Selain itu, juga terkait kemajemukan bangsa Indonesia, dimana FPK juga harus bisa menjaga kemajemukan bangsa sesuai keanekaragaman suku, ras dan kebudayaan yang ada.

“Kemajemukan keanekaragaman ini dijaga dan dipelihara sebagai modal sosial dan sumber kekayaan bangsa. Terutama di Provinsi Riau yang memiliki kemajemukan dan keanekaragaman kebudayaan,” kata Danrem

Seminar yang bertema “Menjadikan Budaya Sebagai Panglima Pembangunan” ini, Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed juga mengatakan jika FPK juga bisa menjaga kesatuan serta kebudayaan yang merupakan yang mempersatukan bangsa Indonesia baik dari beragam suku etnis ras maupun agama sesuai Bhineka Tunggal Ika.

“Apa lagi Bhineka Tunggal Ika sudah menjadi doktrin dan kesepakatan nasional yang harus di pertahankan demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia dalam menghadapi dinamika kehidupan,” jelas Danrem.

Lebih jauh kata Jenderal bintang satu ini, menjaga dan mempertahankan NKRI adalah tanggung jawab semua Komponen bangsa termasuk peran serta elemen masyarakat, dalam rangka mencegah setiap radikalisme dan terorisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Melalui seminar ini, diharapkan FPK dapat memberikan edukasi tentang nilai-nilai dan sendi-sendi kehidupan berbangsa serta terus membesarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Khusunya di Provinsi Riau yang harus terus dijaga dan dikembangkan sesuai tema menjadikan kebudayaan sebagai panglima pembangunan,” tutup Danrem.

Sebagai informasi, selain Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, pada.seminar ini FPK Provinsi Riau juga menghadirkan beberapa narasumber lainya, diantaranya, Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbang Pol Riau, Sri Petri Suryanti SPd mewakili Kepala Kesbangpol Provinsi Riau Kharuddin M Pd dan Budayawan/Wartawan Senior Ir Fakhrunnas MA Jabbar, MIkom.(dre)

Check Also

KUKERTA Terintegrasi 2021, Mahasiswa UNRI Ikut Serta Menyukseskan Tradisi Be aghak Balimau

Bengkalis – (Khabarmetro.com) – Menyambut bulan suci Ramadhan, mandi Balimau diadakan di Desa Teluk Latak, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *