Kamis , 29 Juli 2021

3 Kali Panen Raya, Danrem 031/WB: Rohil Tak Lagi Daerah Tertinggal

 

ROHIL, (Khabarmetro.com)–  Komandan Korem (Danrem) 031/Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan kembali hadiri panen raya program ketahanan pangan binaan Kodim 0321/Rohil bersama Pemkab Rohil. Selasa (30/3) di Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rohil.

Panen raya tersebut, juga dihadiri lansung oleh Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi dan Kepala Bulog Riau-Kepri, Bahtiar Sekar yang juga disambut lansung oleh Dandim 0321/Rohil Letkol Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol bersama Bupati Rohil H Suyatno, Dandim 0321/Rohil Letkol Agung serta Forkopimda Kabupaten Rohil.

Dalam sambutannya, Danrem, Brigjen TNI M Syech Ismed mengatakan, jika panen raya ini merupakan panen ke tiga kali di Kabupaten Rohil dengan luas lahan sekitar 350 Ha. Dimana ini juga merupakan salah satu bukti hasil memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan bermamfaat yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kita sangat bersyukur dan menyambut gembira kegiatan panen raya ke tiga di Rohil ini, karena selain luas, hasilnya juga cukup besar yang mencapai 1.500 ton beras. Sebelumnya panen raya di Rohil ini juga telah dilaksanakan seluas 40 Ha dengan hasil 180 ton beras, dan panen raya kedua seluas 133 Ha dengan hasil 650 ton beras yang terdiri dari beberapa jenis padi, seperti Pasi Perang Aceh, Padi KKB, Padi Kalus, Padi Indragiri, Padi Legawa dan Padi Ramos,” jelas Danrem.

Danrem jugan menambahkan, jika program ketahanan pangan ini sangat bagus untuk membantu perekonomian masyarakat. Seperti di beberapa daerah yang ada di Rohil ini yang sebelumnya
berstatus desa tertinggal sudah menjadi desa berkembang dan menghasilkan.

“Kita juga mengucapkan selamat untuk petani dan terimakasih kepqda pendamping yang telah melakukan pembinaan pada petani dalam pengelolaan pertanian. Semoga hasil panen ini kian menambah motivasi petani untuk lebih giat lagi kedepan,” ujarnya.

Selain itu, Jenderal bintang satu ini juga mengharapkan program ketahanan pangan yang merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat dan Pemda ini terus berkembang baik kedepan. Terutama dalam membangun sinergitas antara Dinas Pertanian Kabupaten Rohil, Kodim 0321/Rohil dan bersama kelompok tani yang sudah berjalan baik.

Dari panen raya kali ini yang perlu diapresiasi itu, adalah adanya peningkatan perluasan lahan yang sangat signifikan yang dikelola secara manual tanpa membakar lahan serta penanaman padi tanpa pupuk kimia.

“Ini juga motivasi bagi Korem 031 Wira Bima beserta Kodim jajaran akan terus melaksanakan pembinaan dan pendampingan pertanian bekerja sama dengan Pemda dan Dinas Pertanian kedepan, untuk mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Riau,” tutur Putra Riau asal Rohil ini.

Sementara, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan, juga merasa bangga panen raya di Rohil ini. Tambah lagi adanya peningkatan lahan yang semakin luas untuk bertani, terutama pertanian padi yang sudah meberikan hasil dan terus berkembang dari sebelumnya.

“Saya sangat bangga sekali, karena ini merupakan panen kesekian kali yang sebelumnya juga saya hadiri. Artinya ini berkembang baik dan terus mengalami peningkatan luar biasa,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terimakasi kepada seluruh pendamping dan pihak yang telah melakukan pembinaan. Dimana program ini juga telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sesuai laporan lahan ini dulunya berasal dari kebun sawit, namun berkebun sawit tidak terlalu menghasilkan dan tidak memuaskan bagi masyarakat. Alhamdulillah dengan tanaman padi hasilnya menggembirakan. Semoga terus berkembang lebih baik lagi,” tuturnya.(dre)

Check Also

Sekda Hadiri Rapat Membahas Inovasi Pelayanan Publik 

Dibuka Deputi Bidang Pelayanan Publik dan Dihadiri Gubri   INHU (Khabarmetro.com)– Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *