Kamis , 27 Januari 2022

Walah, APBD Riau Turun

PEKANBARU (khabarmetro.com) – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan nota pengantar Keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 Provinsi Riau, Sabtu (28/11) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau. Pengajuan tersebut turun, jika dibandingkan tahun 2020 dengan total Rp 12,379 triliun.

Pengajuan Ranperda APBD Riau 2021 tersebut, berdasarkan program kerja Pemprov ke depan dan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat yang saat ini masih dibayangi masalah Covid-19 serta berbagai aspek kehidupan, baik aspek pemerintahan kesehatan sosial dan ekonomi di tengah-tengah pemulihan ekonomi global yang masih dibayang-bayangi oleh sejumlah ketidakpastian.

Gubri mengatakan, penurunan rencana anggaran APBD Riau 2021 ini terdampak turunnya dana transfer dari pusat yang juga disebabkan turunnya harga minyak dunia. ”Tambah lagi Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) kita turun karena terdampak musibah Covid-19,” katanya.

Kendati demikian, ia mengharapkan penyampaian rencana anggaran APBD Riau 2021 ini juga bisa segera direpresentasikan oleh DPRD Riau untuk dijadikan nota keuangan dalam Perda APBD Tahun Anggaran 2021z sesuai kewajiban konstitusional yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Serta, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah secara substansi nota keuangan dan Ranperda tentang APBD Provinsi Riau tahun 2021.

Dengan berlandaskan, pada rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021 yang merupakan perwujudan dari visi misi dan program kerja pemerintah Provinsi Riau setiap tahun.

“Apalagi saat ini penyusunan rancangan APBD tahun 2021 masih sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah pusat dalam rangka penerapan tatanan normal baru dan aman dari Covid-19,” tuturnya. (dre)

Check Also

Fokus Untuk Kemajuan Desa & Kemakmuran Masyarakat Batang Kumu

Rokan Hulu – Pelantikan Kepala Desa (Kades) Terpilih serta Para Kades Pengganti Antar Waktu (PAW) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *