Sabtu , 28 November 2020

Universitas Riau Beri Pelatihan Pengembangan Desa Wisata

Dr. Yasir, M.Si, Koordinator PUSPAINDRA, Memberikan Materi Pengembangan Desa Wisata, di Desa Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu beberapa waktu lalu.

 

PASIR PENYU (Khabarmetro.com)— Dosen Universitas Riau melalui Pusat Studi Pariwisata dan Industri Kreatif (PUSPAINDRA) melakukan pengabdian desa binaan dengan memberikan pelatihan pengembangan desa wisata. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk membantu Desa Petalongan dalam mengembangkan Danau Petalongan sebagai kawasan minapolitan perikanan dan budidaya.

Tim Pengabdian mengajak warga desa untuk terlibat aktif menjadikan Desa Petalongan sebagai desa wisata melalui pengembangan produk unggulan desa. Kegiatan pelatihan ini melibatkan ibu-ibu dari kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan pengelola badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Aula Kantor Kepala Desa Petalongan, Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu, Kamis (5/11/2020)

Tim dosen pengabdian memberikan pelatihan dengan terlebih dahulu membagikan masker dan multivitamin kepada peserta. Pembagian ini sebagai upaya untuk mengajak warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Pelatihan dibagi pada dua sesi yaitu sesi pagi untuk ibu-ibu PKK dan sore hari ditujukan kepada pengelola BUMDes. Pada sesi pagi ini sebagai pemberi materi adalah Dr. Yasir, M.Si yang juga koordinator PUSPAINDRA. Kelompok ibu-ibu PKK diberikan pelatihan tentang pengembangan desa wisata sebagai bagian pengembangan ekonomi kreatif untuk memajukan desa.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali masyarakat agar dapat mengembangkan potensi dan produk desa seperti kuliner, oleh-oleh dan kerajinan tangan lainnya. Ibu PKK sebagai peserta pelatihan yang berjumlah 20 peserta ini juga diberikan materi terkait pengelolaan BUMDes. Selain itu, pelatihan pengembangan desa wisata ini juga dilanjutkan dengan materi tentang pengelolaan BUMDes yang disampaikan Darmansyah, SE selaku staf Ahli BUMDes Kabupaten Indragiri Hulu.

“Bumdes dapat mensejahterakan masyarakat melalui memanfatkan potensi yang ada di desa. BUMDes ini nanti akan meningkatkan perekonomian desa dan membuka lapangan kerja” ujar Darmansyah.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Petalongan, Heppi sangat berterimakasih dan menyambut baik keberadaan tim dosen pengabdian desa binaan ini. Ia juga mengharapkan agar masyarakat Desa Petalongan memiliki kesadaran untuk memanfaatkan dan mengembangkan potensi desa.

“Kita ingin Danau Petalongan ini menjadi kawasan minapolitan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Kedepan kita ingin kawasan ini bisa menjadi kawasan wisata” ungkapnya.

Pada sesi sore, kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan memberikan pelatihan budidaya ikan lele dan ikan nila langsung di tambak ikan masyarakat yang dikelola BUMDes. Disamping memberikan pelatihan, tim pengabdian dapat langsung meninjau dan berdiskusi terkait kendala yang dihadapi pengelola tambak ikan.  Ketua PUSPAINDRA dengan ditemani anggota tim pengabdian Ismandianto, S.Sos. M.Si dan Benny Heltonika, S.Pi., M.Si. Benny yang juga dosen yang juga ahli dalam budidaya ikan dari fakultar perikanan Universitas Riau memberikan pelatihan teknik-teknik budidaya ikan lele dan nila yang baik dan benar. Di akhir sesi pelatihan, tim pengabdian memberikan sumbangan benih, pakan ikan dan peralatan lain untuk membantu meningkatkan usaha masyarakat ini.

 

Tim dosen menegaskan bahwa pengembangan desa wisata berbasis kawasan minapolitan perikanan budidaya dapat terwujud jika didukung jika masyarakat memiliki kesadaran akan potensi desanya, selain juga harus didukung oleh stakeholder lain terutama pemerintah derah dan perusahaan.

“Kesadaran wisata dan partisipasi aktif masyarakat menjadi bagian yang sangat penting dalam mengembangkan desa wisata. Pengembangan desa wisata ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karenanya pemerintah daerah harus mendukung niat baik ini” ujar Yasir sebagai ketua Tim Pengabdian kepada masyarakat dari Universita Riau ini. (rls)

About Amat Tarmizi

Check Also

Riau Didukung Gubri Jadi Tuan Rumah Rakernas II MASATA 2021

MASATA Riau Hadiri Rakernas I di Bandung Ketua MASATA DPD Riau Ahmad Fadli (dua kanan) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *