Minggu , 20 Juni 2021

TKTD PT SAI Siap Siaga Atasi Karhutla di Rohul

 

PASIRPENGARAIAN, (Khabarmetro.com)– PT Sawit Asahan Indah (SAI) melalui Tim Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (TKTD) nampaknya sudah siap menghadapi kapan saja terjadi kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karlahut) di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, khususnya wilayah berbatas dengan PT SAI.

Wujud peran serta perusahaan anak grup Astra Agro Lestari (AAL) Tbk ini dalam mematangkan kesiapan menghadapi musibah kebakaran, dibuktikan dengan mengikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di halaman Kantor Bupati Rohul, Pasirpangaraian, Kamis (18/3).

ADM PT SAI, Achmad Zulkarnain menyebutkan bahwa untuk menekan kasus kebakaran hutan atau lahan, pihaknya selalu mengasah kemampuan regu pemadam TKTD, sehingga nantinya lebih sigap jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

“Sejauh ini kami sangat siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah menekan kasus Karhutla. PT SAI salah satu perusahaan yang ada di Rohul yang sangat serius menyikapi persoalan Karhutla,” jelas ADM Achmad Zulkarnain melalui CDO Ilka Iskandar.

Apel siaga Karhutla dan gelar pasukan di Rohul, dipimpin oleh Bupati diwakili oleh Sekretaris Daerah Rokan Hulu, Kapolres Rohul, Dandim 0313/KPR yang diwakilkan oleh Pabung, Kejaksaan Negeri Pasir Pengaraian, dan Kepala Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian.

Di sela-sela menghadiri giat tersebut, CDO Ilka Iskandar yang turut didampingi SHE PT SAI, Hengky menyambut baik langkah dan kebijakan yang akan dilakukan pemerintah daerah dalam menghadapi kasus kebakaran lahan terutama di musim kemarau seperti saat ini.

Bukan saja persiapan regu dan alat pemadam kebakaran, PT SAI saat ini sudah melakukan pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA) di beberapa desa sekitar perusahaan. Diharapkan dengan adanya MPA ini bisa lebih cepat tanggap jika terjadi kebakaran.

“Jadi di desa sekitar PT SAI, kami bentuk tim dari masyarakat yang dinamakan Masyarakat Peduli Api. Setelah kita bina, MPA juga kita bekali dengan peralatan pemadam yang cukup memadai,” ungkap CDO.

Selain difungsikan untuk mengantisipasi Karhutla, TKTD PT SAI juga ikut dalam melakukan pemadaman jika terjadi musibah kebakaran yang menimpa pemukiman warga. Seperti musibah kebakaran yang melanda warga di jalan Rambutan Kelurahan Ujung Batu pekan lalu.

“Setiap ada kejadian kebakaran baik lahan dan pemukiman warga, regu pemadam TKTD PT SAI selaku turun membantu,” ulasnya.(sal)

Check Also

Rezita Meylani Resmi Dilantik Sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Inhu

  INHU (Khabarmetro.com)– Rezita Meylani Yopi, SE resmi dilantik sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muslimat Nahdatul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *