Minggu , 17 Oktober 2021

Soal Warga yang Membludak, Ini Penjelasan Kadisdukcapil Pekanbaru

Dukcapil Cancel Jadwal Layanan Ahad

Kadisdukcapil Kota Pekanbaru Hj Irma Novrita SSos MSi

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mendadak viral, kemarin, Sabtu (7/11/2020). Itu akibat program baik, berupa layanan perekaman KTP El di sana, ternyata direspon sangat antusias oleh warga. Jumlah yang datang sangat membludak.

Situasi ini dikhawatirkan, karena pandemi Covid-19 masih belum reda. Namun, Kepala Disdukcapil Pekanbaru Hj Irma Novrita SSos MSi bertindak cepat. Ia segera membuat tulisan atau notice berisi klarifikasi soal kejadian itu. Rencana Ahad ini akan berlanjut, pun akhirnya di-cancelnya.

“Kita cancel untuk Ahad ini. Nanti kita evaluasi dulu, baru informasi berikutnya akan kita sampaikan lagi ke masyarakat,” ujar Irma kepada khabarmetro.com (Pekanbaru Pos Group), Ahad pagi via telepon (8/11/2020).

Dijelaskannya lagi, setelah dicek, ternyata yang datang tersebut banyak warga yang minta dilayani di luar program itu. Dukcapil kata Irma, hanya melayani perekaman KTP El bagi pemula, lalu pencetakan KTP rusak dan KTP hilang, dengan syarat yang sudah jelas.

Tapi, justru yang datang itu macam-macam. “Ada yang datang untuk urusan KK hilang, buat KK baru, ada pula mau bertanya soal akte kelahiran dan surat kematian. Makanya ramai seperti itu. Padahal, kami sudah jelas membuat di brosur lewat medsos seperti itu,” kata Irma menyayangkan.

Karenanya, ini akan dievaluasi secara menyeluruh. Pihaknya pun, sudah membuat laporan tertulis kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekko sekaligus sebagai Ketua Satgas Covid.

“Hari Senin (9/11/2020) saya akan langsung bertemu pak Wali untuk menjelaskan kejadian sebenarnya. Tapi laporan tertulis, sementara, sudah disampaikan. Karena program ini juga kita laporkan ke Kemendagri, dan kita juga diawasi,” kata Irma.

Ia berharap dan berdoa, agar tidak terjadi apa-apa, terutama kepada warga yang datang kemarin.

“Semoga semua baik-baik saja. Tak ada terkena Covid pula. Doakan ya,” harap Irma, soal kejadian itu. (uli/ppg)

Check Also

Ahmad Doli Kurnia Ucapkan Terima kasih ke DPD Partai Golkar Kampar

Hadir Bersama Ketua DPD PG Riau, Sempena Sambut HUT Ke-57 Waketum DPP Partai Golkar Ahmad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *