Sabtu , 18 September 2021

Secara Virtual, Plh Bupati Hendrizal Ikuti Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan

 

INHU, (Khabarmetro.com)– Pelaksana Harian (Plh) Bupati Indragiri Hulu Ir. H. Hendrizal, M. Si ikuti pelaksanaan Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat Virtual di Aula Makodim 0302/ Inhu, Rabu (24/3/2021) pagi.

Hadir dalam kesempatan itu, Dandim 0302/ Inhu Letkol CZI Eko Supriyanto, Kadisdukcapil Inhu Syaiful Bahri dan Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Inhu, Fitri.

Sosialisasi yang diselenggarakan secara virtual dari Kodam I Bukit Barisan (BB) itu turut diikuti seluruh Korem dan Kodim di bawah wilayah tanggung jawab Kodam I BB.

Komponen cadangan merupakan program Kementerian Pertahanan yang terbuka bagi warga negara Indonesia yang ingin secara sukarela ikut berperan dalam rangka memperkuat pertahanan negara.

Keberadaan komponen cadangan tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 sebagai peraturan pelaksanaannya.

Kabid Kerma Puslola Kawasan Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Fahrid Amran yang hadir membuka sekaligus sebagai narasumber sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa upaya menjaga pertahanan negara dan bela negara adalah tugas seluruh unsur warga negara.

Dikatakannya bahwa ancaman bagi keutuhan NKRI bukan hanya perang secara nyata. Namun banyak hal yang dinilai dapat menjadi ancaman salah satunya adanya pandemi seperti saat ini.

Dari data yang dipaparkannya, saat ini dari jumlah warga negara sebanyak 300 juta jiwa keberadaan personil aktif TNI hanya sebanyak 438 ribu dan belum didukung komponen cadangan. Sementara jika dibandingkan negara-negara termasuk di kawasan asia tenggara telah terbentuk komponen cadangan.

“Tentu ini harus dipersiapkan secara dini dengan mengikutsertakan seluruh warga negara. Untuk itu komponen cadangan dinilai sangat penting dan strategis dengan dukungan sumber daya nasional” ujarnya.

Terkait penataan dan pengelolaan sumber daya nasional sebagai dukungan pertahanan negara, tambah Brigjen Fahrid tertuang dalam undang undang 23 tahun 2019 dan Kementerian Pertahanan mendapat amanah untuk melaksanakannya.

“Dengan hadirnya UU nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara ini, semoga akan menjadikan bangsa Indonesia lebih kuat dan lebih disegani oleh bangsa lain sekaligus semakin menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang telah menjadi budaya bangsa Indonesia,” kata Brigjen Fahrid Amran.

Tahapan dalam pembentukan komponen cadangan terbagi empat tahap. Untuk tahun ini pembentukan komponen cadangan difokuskan pada matra darat.

Keempat tahapan itu yaitu : Pertama, tahap pendaftaran meliputi sosialisasi, pengumuman dan pelamaran. Kedua, tahapan seleksi meliputi seleksi kompetensi dan administratif. Ketiga, tahapan latihan dasar militer dan terakhir penetapan.

“Sementara untuk proses pelaksanaan seleksi nantinya akan melibatkan peran dari Disdukcapil dan Kesbangpol di masing-masing wilayah,” jelasnya. (Sym/red)

Check Also

WOW…MAXI HADIR DI MAL SKA

PEKANBARU (khabarmetro.com)– Suzuki terus berinovasi. Kali ini Main Dealer PT Alfa Scorpii melaksanakan “Pameran Sadis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *