Senin , 2 Agustus 2021

Pesan Wako Firdaus, Media Harus Bertransformasi di Era Digitalisasi

Buka Media Expo 2021 SPS Cabang Riau

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com)– Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT ternyata memahami betul kondisi media massa hari ini. Terutama media cetak. Tapi, bagi dia, peran media tak bisa digantikan. Menurutnya, media akan selalu diperlukan. Sampai kapanpun media massa menjadi sarana utama untuk publikasi dan sosialisasi program-program pemerintah ke masyarakat luas.

Namun begitu, era digitalisasi 4.0 tak bisa pula dinafikan. “Kita tak mungkin lagi kembali ke belakang. Kembali ke masa lalu. Keberadaan media massa sangat penting, itu benar. Tapi, era Revolusi Industri 4.0 sudah jalan. Media pun harus bertransformasi,” kata Firdaus.

Hal ini disampaikannya di depan para pengurus Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau, Kamis petang (29/4/2021), saat membuka Media Expo (ME) 2021 SPS Riau di Mal SKA Pekanbaru, Riau. Event ini akan berlangsung hinga 2 Mei mendatang. Rencananya akan ditutup nanti oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi.

Begitu juga, tambah Firdaus, keberadaan SPS. Sampai kapanpun SPS akan tetap diperlukan dan bisa tetap eksis. SPS adalah Asosiasi Perusahaan Media yang resmi dan menjadi kontituen dari Dewan Pers. Ini, adalah organisasi yang sudah tua. Berdiri sejak 8 Juni 1946.

“Kunci utamanya, ya media massa yang bergabung dalam SPS melakukan transformasi di era digitalisasi ini. Dengan begitu, media di bawah naungan SPS akan terus eksis. Begitu juga dengan organisasi SPS sendiri,” kata dia, sembari meyakinkan seluruh pengurus SPS Riau, bahwa Pemko Pekanbaru akan komit membantu media-media di bawah SPS Riau.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Pekanbaru itu menyebutkan, sebagai kota metropolitan yang madani. Pekanbaru memerlukan investasi untuk bisa maju. Maka dari itu, Wako Firdaus mengajak SPS Riau untuk membantu Pemko. Dikatakannya, dengan adanya ekspos media secara luas tentang peluang-peluang dan kemajuan Pekanbaru tentu akan menarik investasi masuk.

“Pekanbaru ini tidak punya Sumberdaya Alam atau SDA. Yang kita andalkan untuk mendukung pembangunan kota ini adalah Sumberdaya Manusia (SDM). Kita perlu investasi masuk ke kota ini. Media di bawah SPS Riau memegang peranan penting, membantu menyebarluaskan berita-berita tentang kemajuan kota ini. Dengan begitu, Pekanbaru bisa berkembang pesat saat ini dan ke depan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua SPS Cabang Riau Khairul Amri meyakinkan Wako Firdaus bahwa semua media yang bergabung di SPS Riau adalah media yang sudah terdaftar resmi dan punya kartu anggota (KTA) SPS Riau. Media-media ini pun sudah terverifikasi oleh Dewan Pers, minimal verifikasi administrasi.

Oleh karena itu, SPS Riau membuka pintu seluas-luasnya untuk bermitra dengan pemerintah, termasuk Pemko Pekanbaru. Tentu saja, kata Khairul, fungsi media sebagai kontrol sosial akan tetap dikedepankan. “Media di bawah SPS Riau siap bermitra dengan Pemko Pekanbaru. Media-media ini pun wajib mendapat kerja sama proporsional di Pemko Pekanbaru. Saya jamin, Pak Wako, media di bawah SPS ini adalah resmi dan tidak abal-abal,” ujar Khairul bersemangat.

Lewat Media Expo 2021 ini, tambah Khairul, SPS ingin menyampaikan pesan kepada khalayak ramai bahwa media massa di Pekanbaru, Riau masih ada. “Kami masih ada, Pak Wali. Kami siap membantu dan berkolaborasi dengan Pemko memajukan kota ini,” tegas Khairul.

Ketua panitia ME 2021 SPS Raiu Abu Nazar menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya event ini. Kata dia, Media Expo ini akan digelar setiap tahun dan diharapkan pihak-pihak terkait bisa terus mendukungnya. Di antaranya, pemerintahan se Riau, BUMN, pihak swasta dan seluruh pihak terkait.

saat seremonial pembukaan ME 2021 SPS Riau, kemarin, juga digelar serangkaian acara, antara lain penyarahan santunan anak yatim, tausyiah jelang berbuka puasa, buka puasa bersama dan tampilan nasyid menghibur semua peserta dan tamu undangan. Juga akan ada peniaian cover media massa yang dipamerkan selama event ini berlangsung. (rls)

Check Also

BEBUAL SAMBIL NGOlah Pikiran yang ditajah oleh Kwarran Binawidya Pekanbaru

Pekanbaru (khabarmetro.com ) – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Binawidya pada Jumat 30/07/2021 melalui Dewan Kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *