Sabtu , 6 Maret 2021

Pendistribusian Vaksin Baru Untuk 3 Daerah

14 Januari 2021 Riau Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19

 

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)–Ditetapkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) halal digunakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mulai distribusikan Vaksin Covid-19 ke kabupaten kota se Riau.

Hanya saja pendistribusian vaksin tersebut baru untuk tiga kabupaten kota. Yaitu Pekanbaru, Kampar dan Pelalawan

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, usai pelepasan pendistribusian vaksin. Selasa (12/1) do Pekanbaru. Dikataknnya jika pendistribusian vaksin tersebut berjumlah sebanyak 15. 240 dosis dengan rincian untuk Pekanbaru sebanyak 11.040 dosis Kampar 2.400 dosis dan Pelalawan 1.800 dosis.

“Pendistribusian ini juga sesuai dengan informasi sebelumnya setelah ada pentetapan halal atau boleh digunakan oleh MUI melalui Fatwa Nomor, 02 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada tanggal 11 Januari 2021 lalu,” katanya.

Selain dari Fatwa MUI, penggunaan vaksin ini juga sudah mendapat izin dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melalui izin kelayakan jika vaksin aman digunakan kepada masyarakat.

Sedangkan untuk pemberian vaksin ini katanya, akan dilaksanakan pada tanggal 14 Januari depan sesuao jadwal yang ditetapkan pemerintah pusat sebelumnya. Domana untuk tahap pertama akan dilakukan kepada tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Insyaallah Sesuai jadwal tanggal 14 telah dijalankan penyuntikan setelah satu hari sebelumnya di mulai dipusat yang lansung kepada Presiden RI sebagai penerima pertama,” ujarnya.

Terkait pendistribusian yang baru dilaksanakan untuk 3 daerah, Mimi menjelaskan menimbang pada jumlah vaksin. Sehingga pendistribusiannya juga dilakukan secara bertahap yang tahap berikutnya menyusul pada pendistribusian tahap ke dua dari pusat.

“Pendistribusian tahap ke dua dari pusat mulai Rabu (13/1) depan yang jumlahnya sebanyak 22 ribu dosis. Jika vaksin tersebut sampai akan lansung didistribusikan kepada 9 daerah lainya,” tuturnya.(dre)

Check Also

Melalui ISPU, Masyarakat Dapat Mengetahui Kualitas Udara

JAKARTA (Khabarmetro.com) – Dalam upaya pengendalian pencemaran udara, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkomitmen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *